Tips menurunkan berat badan Pasca Melahirkan

Tips menurunkan berat badan Pasca Melahirkan
Bagi para ibu yang baru saja melahirkan, mengembalikan berat badan pasti akan membuat stres jika tidak dilakukan dengan cara yang tepat. Menurunkan berat badan pasca melahirkan juga akan sangat menyita waktu. Sabar adalah salah satu kunci utama yang harus dilakukan agar dapat menurunkan berat badan setelah melahirkan. Kali ini, BeritaNewsIndo akan memberikan informasi untuk cara menurunkan berat badan pasca melahirkan dengan tepat.

Menurut paparan dari Melinda Johnson, MS, RD, seorang ahli diet resmi dan yang bertindak sebagai juru bicara ADA (American Dietetic Association) mengatakan bahwa "Nomor satu, ibu harus sabar dengan tubuh mereka. Butuh waktu sembilan bulan sampai ia dalam kondisi berat badan yang bertambah dan butuh waktu beberapa bulan pula untuk mengembalikan berat badan seperti semula".

Tips Pasca Melahirkan
Adapun beberapa cara yang harus Anda lakukan untuk melakukan penurunan berat badan pasca melahirkan sesuai yang diberikan oleh Johnson adalah sebagai berikut :
Tips menurunkan berat badan Pasca Melahirkan

1. Jangan diet
Menurut Johnson, mungkin hal ini terdengar aneh. Tapi ia mengatakan dengan benar-benar diet justru menggagalkan Anda menurunkan berat badan. Sebab, merasa kehilangan makanan favorit di saat Anda stres dengan peran baru sebagai ibu justru bisa menambah berat badan.

"Jika Anda ingin kembali ke pola makan sehat dan makan karena lapar alami, tidak masalah. Jauhi makanan ringan. Jika ngin cemilan Anda bisa mengiris apel, wortel, atau makan biskuit gandum. Usahakan Anda mencukupi kebutuhan 1.800 kalori per hari," papar Johnson.

2. Perbanyak konsumsi makanan super
Ibu baru butuh nutrisi yang maksimal apalagi jika ia menyusui. Menurut Johnson, ikan adalah salah satu makanan super dengan kandungan DHA, omega 3, dan asam lemak esensial yang membantu perkembangan otak bayi. Jenis ikan yang mengandung nutrisi itu antara lain salmon, sarden, dan tuna. 

Susu dan yogurt juga menjadi makanan super karena kandungan kalsiumnya yang tinggi bisa menguatkan tulang. Jangan lupakan pula protein yang bisa membuat Anda kenyang lebih lama seperti daging tanpa lemak, ayam, dan kacang-kacangan.

3. Menyusui
Beberapa studi menemukan bahwa menyusui secara eksklusif bisa membantu Anda menurunkan berat badan dengan lebih cepat. Selain itu, menyusui secara eksklusif memungkinkan Anda mendapat tambahan 300 kalori. Namun, jangan jadikan menyusui sebagai alasan Anda untuk makan apapun yang diinginkan.

4. Minum cukup
Hidrasi yang cukup bisa membantu merasa kenyang lebih lama. Meski demikian, Johnson mengingatkan jika Anda sering mendapat nasihat minum air delapan gelas sehari, indikator warna urine serta frekuensi buang air kecil bisa menentukan berapa banyak air yang harus diminum. 

"Jika Anda minum cukup air, warna urine akan jernih dan normalnya Anda buang air kecil tiga sampai empat jam sekali," kata Johnson.

5. Bergerak
"Berbagai latihan olah tubuh selain menyehatkan juga bisa membantu mengatasi depresi, masalah tidur, dan mengurangi stres pada ibu. Tak harus ke gym, Anda bisa jalan cepat sambil mendorong kereta bayi selama tiga puluh menit dan bertahap. Atau, dengan melakukan berbagai kegiatan mengurus si kecil saja secara tak langsung Anda sudah bergerak," kata Johnson.

6. Tidur cukup
Meski terasa mustahil bagi ibu baru melahirkan untuk bisa mendapat tidur cukup tapi studi menunjukkan ibu baru yang tidur lima jam atau kurang di malam hari cenderung berat badannya bertambah. Sebab, saat lelah tubuh akan melepaskan kortisol dan hormon stres lain yang bisa memicu bertambahnya berat badan.

"Maka dari itu ketika bayi tidur usahakan Anda juga tidur. Di siang hari pun tak masalah lalu usahakan bisa tidur lebih awal di malam hari. Jika memungkinkan, mintalah bantuan keluarga untuk menjaga bayi sejenak sementara Anda menyempatkan diri untuk tidur," terang Johnson.

Demikian tips yang dapat BeritaNewsIndo berikan agar dapat bermanfaat bagi Anda yang baru saja melahirkan. Terima kasih.
Tips menurunkan berat badan Pasca Melahirkan Tips menurunkan berat badan Pasca Melahirkan Reviewed by Unknown on 22.23 Rating: 5

1 komentar:

  1. terimakasih informasinya ya, sangat membantu


    boleh dong klik disini juga utnuk teman-teman yang mau tau soal asuransi,,, ada tips nya juga nih,, semoga bermanfaat yaa :)

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.