Negara terkaya di dunia ini berubah miskin hanya dalam 30 tahun

Negara Arab Saudi memang menjadi negara kaya akan minyaknya, tetapi bukanlah yang terkaya. Kenyataan yang ada di awal tahun 1950 terdapat suatu negara terkaya dibelahan selatan khatulistiwa. 

hanya dalam waktu singkat kekayaan di negeri tersebut lenyap karena penduduknya merubah pola hidup sederhana. Kehidupan Glamor, foya foya dan malas menjadi bagian hidup di negara ini, seperti apa ulasannya simak artikel berikut ini.

Tidak bisa dibayangkan jika negara kepulauan yang kecil ini bisa menjadi negara terkaya sejagat raya dan tentunya membuat cemburu para negara-negara besar di seluruh dunia. Negara kepulauan kecil itu bernama Nauru, sebuah negara kepulauan yang dekat dengan Sydney Australia, berjarak sekitar 4ribu km.  



nauru
Negara terkaya di dunia ini berubah miskin
Negara ini dikenal sebagai negara  super makmur dan termasuk negara terkaya di dunia, �itu dulu�. Nah, saat ini percaya tidak percaya negara terkaya sejagat tersebut menjadi negara paling miskin sejagat raya bahkan 75 persen lahan dari negara ini sudah tak layak untuk di huni. Kok bisa?  Ternyata negara ini kaya dari Kotoran Burung

Pada tahun 1960-an di negara ini ditemukannya fosil dari kotoran burung yang telah berusia seribu tahun lebih dan hal ini yang mampu mengubah negara kecil itu serta gaya hidup masyarakatnya. Adanya penemuan pupuk kompos tersebut memicu para perusahaan asing untuk berlomba membangun tambang untuk mengeruk fosfat dalam perut bumi.  



nauru penghasil pupuk atau fosfat dari kotoran burung
Negara terkaya di dunia ini berubah miskin


Tahun 1968 Nauru mendapatkan kemerdekaannya dari  Inggris,  mulai saat itu Nauru yang memiliki luas negara  21 kilometer persegi  itu  telah memulai pertambangan dan dieksplorasi sendiri secara maksimal.  Tahun 1980 terbukti negara kecil ini memiliki pendpatan per kapita  yang sangat tinggi dan menjadi negara terkaya di dunia dan mampu mengalahkan negara-negara besar lainnya di dunia.

Alasan Negara terkaya di dunia ini berubah miskin


Dengan adanya sumber daya tersebut secara langsung menjadikan penduduknya kaya raya  tetapi mereka semua terlena karena memiliki harta yang melimpah seperti selalu menghabiskan uang untuk sesuatu yang tidak penting. 

Seperti selalu hidup foya-foya dapat diibaratkan layaknya uang dolar hanya sebagai kertas toilet karena tidak berfikir untuk menginvestasikan uangnya ke hal yang lebih penting,  warga nauru memiliki tingkat obesitas yang sangat tinggi bahkan tertinggi didunia ini dikarenakan kehidupannya sudah berubah dari yang tradisional ke kebiasaan buruk yang selalu menggonsumsi alkohol, makanan tidak sehat sampai rokok. 


warga nauru tingkat obesitas tinggi
Negara terkaya di dunia ini berubah miskin

Diketahui pada tahun 2007, 95 persen penduduknya mengalami kelebihan berat badan dan penderita obesitas mencapai 71 persen.  Dan terakhir alam nauru telah rusak karena adanya penambangan pupuk tersebut bahkan 75 persen lahannya tidak layak untuk dihuni.

Seiring berjalannya waktu Fosfat atau pupuk yang ada di dalam perut bumi semakin lama semakin menipis bahkan habis, dan mengakibatkan perekonomian di negara itu menurun drastis dan menjadi negara yang sangat miskin.  
Dalam menjalankan roda pemerintahan pun negara tersebut harus berhutang kepada negara tetangganya yaitu Australia dan negara ini menggantungkan kehidupannya melalui impor dari negara lain seperti Indonesia, Australia dan India dan nauru saat ini menjadi negara pengutang. 

Negara kaya di dunia ini berubah miskin artikel diatas merupakan salah satu pelajaran yang sangat berharga bagi kita semua bahwa kesederhanaan adalah salah satu pola dan gaya hidup yang sesuai. Semoga bermanfaat dan baca pula artikel Jangan Lakukan Selfie di Negara Ini
Negara terkaya di dunia ini berubah miskin hanya dalam 30 tahun Negara terkaya di dunia ini berubah miskin hanya dalam 30 tahun Reviewed by Unknown on 08.02 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.