Tips Menjaga Kesehatan Ginjal

Kesehatan adalah harta yang paling berharga dan tak ternilai harganya, hal ini bisa dirasakan saat sakit karena jika sakit jelas membutuhkan biaya, waktu yang tidak sedikit. Dengan demikian, kita harus senantiasa selalu menjaga kesehatan tubuh kita agar selalu sehat dan terhindar dari penyakit khususnya organ ginjal.

Tips Menjaga Kesehatan Ginjal ini sangat penting karena Ginjal merupakan organ tubuh manusia yang sangat vital, karena ginjal memiliki peran yang sangat penting sebagai pengatur keseimbangan asam-basa,  sebagai perangsang sumsum tulang dalam pembentukan sel darah merah, mempertahankan kalsium pada tulang,  serta mengatur tekanan darah.  Jadi, peran ginjal sangatlah besar bagi tubuh kita sehingga kita harus selalu menjaga kesehatan ginjal dengan baik agar kita tetap sehat. 

ginjal sehat
Tips Menjaga Kesehatan Ginjal

Kali ini kita akan membahas tentang tips bagaimana menjaga ginjal agar tetap sehat dengan mudah dan alami.

Makan yang bergizi dan teratur

Pola makan yang teratur dan baik merupakan cara yang ampuh dalam menjaga dan merawat kesehatan pada ginjal. Memilih makanan yang bergizi seperti buah, sayur yang ditanam dengan pupuk organik di tanah, menghindari makanan olahan, mengurangi menggonsumsi garam yang berlebihan, serta konsumsi daging putih atau ikan yang tak berlemak.

Menjaga pencernaan

Menjaga pencernaan sangat dianjurkan sebagai salah satu langkah awal dalam menjaga keseshatan pada ginjal. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menambah asupan makanan  probiotik serta prebiotik dan makanan yang mempunyai kandungan serat yang tinggi.


Menjaga Kesehatan Ginjal
Tips Menjaga Kesehatan Ginjal

Berhenti  merokok

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah berhenti  kebiasaan merokok, hal ini juga sangat dianjurkan dalam menjaga kesehatan ginjal. Kandungan nikotin yang terdapat pada rokok memiliki peran yang cukup penting pada gangguan ginjal yang menjadikan ginjal anda tidak sehat.

Hindari alkohol

Stop kebiasaan dari meminum minuman yang beralkohol, karena dengan mengkonsumsi minuman beralkohol akan berakibat sangat buruk untuk kesehatan ginjal. Minuman beralkohol dapat mengakibatkan tekanan darah dalam tubuh meningkat  dan berakhir pada gangguan ginjal.

Mengkonsumsi air putih

Menggonsumsi air putih yang cukup sesuai dengan kebutuhan tubuh kita yaitu 6-8 gelas setiap harinya dpat membantu dalam menjaga serta merawat kesehatan pada ginjal.



Menjaga Kesehatan Ginjal
Tips Menjaga Kesehatan Ginjal

Berolahraga

Gemar berolahraga merupakan cara mudah dalam menjaga kesehatan tubuh khususnya ginjal. Kegiatan olahraga yang ringan dan teratur dilakukan dapat membantu dalam menjaga kesehatan ginjal, seperti jalan kaki atau lari kecil dipagi hari setiap hari.

Stop antibiotik

Tips terakhir yaitu hindari atau bahkan tidak memngkonsumsi obat antibiotik seerta anti nyeri, karena hal tersebut mampu merusak ginjal. Jika memang terpaksa harus menggunakan obat antibiotik diusahakan lebih baik untuk berkonsultasi ke dokter spesialis dahulu.

Itu tadi Tips Menjaga Kesehatan Ginjal secara alami dan mudah. Semoga bermanfaat. Mungkin anda suka membaca artikel Manfaat Bangun Pagi bagi Kesehatan.


Tips Menjaga Kesehatan Ginjal Tips Menjaga Kesehatan Ginjal Reviewed by Unknown on 01.14 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.