5 Danau Terunik nan eksotik di Indonesia

Lagi-lagi alam selalu menyuguhkan keindahan yang sungguh luar biasa khusunya di Indonesia. Selain memiliki berbagai pulau-pulau yan indah Indonesia juga memiliki keindahan yang tak kalah indahnya bahkan terunik yang ada yaitu salah satunya yaitu danau. Ada 5 danau di Indonesia nan eksotik dan terbilang unik.

Danau Kelimutu Nusa Tenggara Timur



danau kelimutu ntt



Danau Kalimutu berada di gunung kelimutu yang terletak di pulau Flores, NTT. Danau ini merupakan danau kawah yang berada di puncak gunung kelimutu. Danau ini memiliki tiga warna yang berbeda yakni biru, putih, dan merah, serta uniknya lagi warna-warnanya bisa berubah-ubah seiringnya dengan berjalannya waktu. 


Kata Kelimutu memiliki makna yang merupakan gabungan dari kata keli yang berarti gunung sera mutu berarti mendidih.  Penduduk di sekitar danau mempercayai bahwa perubahan warna pada danau memiliki makna masing-masing dan memiliki kekuatan alam  yang dahsyat dan juga dijadikan sebagai tempat keramat.



Danau Merah Pagaralam Bengkulu


danau merah pagaralam bengkulu



Pada umunya danau berwarna jernih, biru bahkan putih bening, tetapi beda dengan danau yang satu ini yakni danau merah darah pagaralam yang terletak  di bukit Raje Mandare, di pernatasan antara kota Pagaralam dan kaur propinsi Bengkulu.  


Danau ini tergolong baru diketahui karena baru ditemukan pada tahun 2010 oleh masyarakat sekitar dan menjadi heboh karena warnanya yang merah seperti darah. Danau ini saat dilihat warna airnya merah darah jika kita mengambil airnya maka yang terjadi adalah airnya bukan merah melainkan bening seperti air-air pada umumnya. 



Keunikan danau ini tidak sebatas warnanya tetapi satwa yang ada disekitar danau seperti kelabang raksasa, kerbau yang memiliki sarang lebah di telinganya serta ada beberapa burung yang cukup besar dan hewan-hewan tersebut tampak jinak.



Disekitar danau ini juga terdapat banguna yang diyakini sebagai sisa candi dari kerajaan pada masa lampau, sampai saat ini para arkeolog masih melakukan penelitian akan hal tersebut.



Danau Kakaban Kalimantan Timur



danau kakaban kalimantan timur


Danau terunik lainnya adalah danau Kakaban yang konon merupakan danau prasejarah yaitu zaman peralihan Holosin.  Danau ini terletak di tengah Pulau Kakaban Kalimantan Timur dengan   luas  5 km2 dengan dinding karang terjal setinggi 50 meter, sehingga air laut yang masuk ke danau ini tidak akan bisa lagi keluar dan akan tetap di dalam danau tersebut serta ditambah air hujan serta air yang berasal dari dalam tanah. 



Danau Satonda Nusa Tenggara Barat


danau satonda ntb

Pulau Satonda NTB Indonesia selain dikenal dengan terumbu karangnya yang masih alami, juga terdapat danau yang berada di tenggah pulau dengan luas sekitar seperempat luas pulaunya yaitu 552 hektare. Danau ini terbentuk akibat dari letusan Gunung api Tambora dan akhirnya memerangkap air laut. Air di dalam danau ini mempunyai kadar garam yang tinggi dibanding  dengan air yang ada disekitarnya atau air laut yang berada di luar danau tersebut.




Danau Labuan Cermin Kalimantan Timur



danau labuan cermin kalimantan timur


Danau terunik teakhir yang ada di Indonesia adalah Danau Labuan Cermin yang terletak di desa Labuan Kelambu Kecamatan Biduk-Biduk Kalimantan Timur. Air yang ada di danau ini sangat jernih seperti kaca. Danau ini terbilang unik karena memiliki dua rasa yaitu tawar dan asin. Keunikan dua rasa yang berbeda ini terjadi karena Danau Labuan Cermin terdiri dari dua danau yang menyatu. Di bagian atas permukaan danau airnya memiliki rasa tawar sedangkan di dasar danau airnya berasa asin.



Itulah kumpulan danau terunik yang ada di Indonesia beserta keunikannya masing-masing, danau yang indah bisa menjadi salah satu tujuan wisata anda. Apakah anda tertarik untuk datang ke danau-danau tersebut?


5 Danau Terunik nan eksotik di Indonesia 5 Danau Terunik nan eksotik di Indonesia Reviewed by Unknown on 08.23 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.