Mentawai Surganya Peselancar

Kepulauan mentawai yang berada di tengah Samudera Hindia dengan keindahan laut yang menakjubkan bahkan sempurna untuk petualangan bahari dan kepulauan ini telah tersohor menjadi salah satu surganya para peselancar.  

Kepulauan Mentawai Surganya Peselancar  ini berada di provinsi  Sumatera barat dan mulai tahun 1999 kepulauan ini telah ditetapkan menjadi sebuah kabupaten. Kepulauan mentawai memiliki keindahan laut yang sangat sempurna bahkan mengagumkan  untuk berwisata  budaya, wisata petualangan serta wisata bahari khususnya surfing yang sangat diminati oleh para peselancar lokal maupun luar negeri.

Kepulauan mentawai  merupakan pulau yang masih asli belum banyak terjamah oleh manusia serta infrastruktur modern dengan suku  budaya yang masih asli, dengan suasana  peradaban zaman neolitikum dimana masyarakatnya tidak mengenal bercocok tanam, menenun kain bahkan untuk pengerjaan logam. Jadi jelas akan terlihat perbedaan yang sangat mencolok dengan masyarakat darat di sumatera barat. 

kepulauan mentawai
Mentawai Surganya Peselancar  

Masyarakat mentawai mayoritas berasal dari suku mentawai sekitar 30.000 jiwa yang berasal dari pulau Siberut dan setiap keluarga terdapat 5-15 orang. Masyarakatnya mayoritas tinggal di desa dan di ladang dengan mendiami rumah tradisional asli mentawai biasa disebut uma.

Kepulauan mentawai terkenal  dengan laut yang menakjubkan dengan ombak  yang indah dengan beragam  gulungan ombak yang ekstrim dan menantang yang selalu dicari oleh para peselancar diberbagai belahan dunia.  Di Mentawai sendiri surfing telah menjadi ikon wisata bahari, serta terdapat desa budaya yang masih asli.

Buat para peselancar,   mentawai adalah tempat yang sangat sempurna dan tepat untuk menantang adrenalin. Setidaknya ada  sekitar 400 titik selancar dengan gulungan ombak  yang tinggi, besar dan ekstrim seperti di desa bosua terdapat ketinggian ombak mencapai 3 meter.



gulungan ombak di kepulauan mentawai
Mentawai Surganya Peselancar 

Tempat lain yang juga memiliki ombak yang ekstrim dan dicari oleh para peselancar  yaitu pulau nyang nyang yang berada di desa katurei . di tempat ini memiliki ketinggian ombak  mencapai 4 meter dan menurut para peselancar di belahan dunia yang datang ke pulau ini,  disini merupakan ombak yang tertinggi di dunia, wow.

Alternatif tempat lain yang memiliki  ombak yang tinggi dan panjang masih ada di desa katurei  pulau karamajat yang ombaknya mencapai dua sampai empat meter.  Dan tempat lainnya yang pantas untuk dicoba gulungan ombaknya adalah pulau koroniki, teluk sinakak, teluk sibigeu, serta awera.  Selain memiliki pesona ombak yang sangat ekstrim di mentawai juga terdapat penginapan terapung.

Jika ingin menikmati ombak yang tidak terlalu besar dapat  mengunjungi  pulau siruso, keindahan laut di pulau ini memiliki pasir putih dengan air laut yang jernih. Selain itu alternatif lainnya adalah pantai bulasat yang juga menawarkan pasir putih dengan deburan air yang jernih.



snorkeling wentawai
Mentawai Surganya Peselancar 

Buat para pecinta snorkeling terdapat alam bawah laut yang cukup indah dan alami yaitu di pulau awera di desa pejat kepulauan mentawai. Di tempat ini menawarkan keindahan yang cukup cantik dengan pasir yang putih yang dihiasi keragaman pohon kelapa dan beraneka ragam hayati.  Hamparan luas terumbu karang  yang indah dan terlindungi serta ikan-ikan endemik  yang menghiasi pemandangan bawah laut.

Nah itu dia ulasan tentang Mentawai Surganya Peselancar  yang telah menjadi sorotan dunia bagi para pecinta wisata bahari khususnya pecinta surfing atau selancar. Jika anda penggemar surfing dan ingin menaklukkan gulungan ombaknya, tidak usah jauh-jauh ke Hawai tetapi di Indonesia sendiri tepatnya  di Kepulauan mentawai ini telah menjadi surganya peselancar atau bisa di bilang hawai nya Indonesia. 

apakah anda ingin membuktikan keindahan dan tantangan ombaknya? Monggo dicoba. mungkin anda tertarik membaca 5 Tujuan Wisata Bawah Laut Indonesia.


Mentawai Surganya Peselancar Mentawai Surganya Peselancar Reviewed by Unknown on 06.21 Rating: 5

1 komentar:

  1. https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=543654389317330&id=536221276727308

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.