Makanan Penunjang Kesehatan Gigi

Keindahan senyuman seseorang sangat dipengaruhi oleh bagian mulut yang sehat, jika bagian terpenting  pada organ mulut memiliki kualitas yang tidak sehat akan sangat menganggu keindahan senyuman. 

Salah satu bagian yang cukup penting yaitu kualitas gigi yang sehat, jika kualitas gigi tidak sehat akan berdampak pada nyeri yang luar biasa dan tentunya akan menganggu keindahan senyuman.

 

gigi putih

 

Menurut pakar diet Zuckerbrot MS, RD menjelaskan beberapa jenis makanan yang mampu mendukung kualitas gigi yang sehat,  terjaga dan mampu mendukung senyuman yang indah. Ini dia beberapa makanan yang mampu menunjang kesehatan gigi agar tetap sehat.


Nanas

Buah nanas yang memiliki nama layin Ananas comosus, buah ini dikenal dengan kandungan vitamin C dan mineralnya untuk kesehatan. Enzim bromelain yang terdapat pada buah nanas dapat berfungsi sebagai penghilang noda secara alami, penghancur plak sehingga gigi tetap terjaga kesehatannya dan membuat gigi lebih putih.

Bayam

Sayuran yang memiliki warna hijau pekat dipercaya dapat menjaga kesehatan gigi, seperti bayam, kubis serta selada terdapat campuran beberapa mineral,   termasuk magnesium. Senyawa tersebut dapat membantu dalam pembentukan lapisan anti noda yang mampu membantu enamel pada gigi agar menjadi lebih putih.

Apel

Proses  gigitan pada buah apel yang memiliki tekstur daging buah yang padat serta kulit buah apel yang keras seperti gherakan menyikat, nah hal tersebut dapat membantu menghilangkan plak yang ada pada gigi. Selain itu, asam malat dapat membantu menghilangkan selaput yang dapat membuat gigi menjadi kusan jadi gigi tetap terjaga kebersihannya.   Buah dan sayur yang mempunyai kadar selulosa tinggi mempunyai  sifat abrasif yang alami seperti seledri dan wortel juga dapat membantu melenyapkan noda yang terdapat di permukaan enamel.

Salmon

Beberapa jenis ikan air dingin terdapat kandungan fosfor serta omega 3 dapat membantu dalam penguatan enamel gigi.  Salah satu ikan air dingin adalah ikan salmon, pada ikan ini terdapat  sumber vitamin D yang sangat baik dan dapat membantu dalam penyerapan kalsium dan menjadikan gigi lebih kuat.

Strawbery

Pada buah strawbery terrdapat asam malat seperti buah apel yang dapat membantu  pemudaran warna pada gigi. Buah yang memiliki tekstur daging buah yang kasar dapat membantu mengilapkan gigi dan menjadikan gigi lebih putih dan bersih.

Wortel

Wortel  juga dapat membantu pengikisan akibat penumpukan makanan yang menempel pada gigi dengan cara mengunyah beberapa batang wortel yang renyah tersebut selain itu saat mengunyah  wortel  juga mampu membuat prooduksi air liur meningkat.

Bawang Bombay

Bawang bombay mentah terdapat  dua kandungan  senyawa sulfur  yang dapat membantu mengurangi jumlah bakteri  yang membuat warna gigi  menjadi pudar yakni thiosulfinates dan thiosulfonates. Selain bawang bombay, bawang putih juga terdapat kandungan sulfur yang sama.

Yoghurt, keju, dan susu

Makanan yang mengandung susu terdapat banyak mineral  yakni kalsium dan fosfor yang mampu menguatkan enamel pada gigi sehingga gigi tetap sehat dan indah. Protein yang terkandung dalam yoghurt  menempel pada gigi dapat membuat gigi tahan akan pembusukan sedangkan keju yang memiliki tekstur keras berperan sebagai pemutih gigi yakni dapat menghilangkan partikel kecil dari makanan serta membuat lembut pada permukaan enamel.
Makanan Penunjang Kesehatan Gigi Makanan Penunjang Kesehatan Gigi Reviewed by Unknown on 17.29 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.