Bagaimana Memperbaiki perangkat smartphone jatuh di air

Banyak sekali permasalahan yang ada dalam smartphone yang terkadang diluar dugaan kita, kasus kali ini adalah smartphone jatuh kedalam air. Mungkin bagi anda yang pernah mengalaminya seringkali anda panic tidak tahu apa yang harus dikerjakan.  Nah jika anda tidak menginginkan terjadi hal hal yang lebih merugikan kita,  berikut ini adalah tips trik memperbaiki smartphone yang jatuh ke air.

Jika Smartphone Masuk di Air Jangan panik dan tetap tenang adalah langkah paling utama, selanjutnya silakan angkat dulu smartphone anda secepat mungkin dari air! Karena semakin lama smartphone berada di air, semakin banyak air atau cairan yang masuk ke celah celah telepon anda. Pada situasi ini, ada beberapa hal yang anda harus lakukan dan beberapa hal yang jangan anda lakukan.

tips hp jatuh di air
Bagaimana Memperbaiki perangkat smartphone jatuh di air

Hal yang Jangan dilakukan pada telepon yang jatuh di air
  • Jangan menyalakan smartphone anda ataupun digunakan
  • Jangan menekan tombol tombol disana
  • Jangan menggoyang goyangkan, menekan, ataupun memukul 
  • Jangan membuka smartphone anda karena akan menghilangkan garansi
  • Jangan mencoba coba menggunakan kipas, karena akan memasukkan air lebih dalam
  • Jangan memanasi dengan semua jenis peralatan seperti microwave, ataupun blower

Berikut ini adalah langkah langkah yang sebaiknya anda lakukan jika Smartphone Masuk di Air
  • Matikan jika masih dalam keadaan hidup dan posisikan tegak lurus
  • Buka casing penutup jika anda mempunyai semacam silicon ataupun pelindung lainnya
  • Keluarkan microSD dan SIM card dari slotnya

tips memperbaiki hp jatuh di air
Bagaimana Memperbaiki perangkat smartphone jatuh di air
  • Buka penutup belakang dan ambil baterai jika masih disana. Meskipun begitu terkadang ada yang sudah built in sehingga tidak bisa dibuka.
  • Ambil handuk atau kain untuk mengeringkan smartphone pada bagian yang bisa dijangkau.
  • Jika memang air sudah mencapai bagian dalam, silakan pakai semacam vacuum cleaner untuk menyedot air tersebut.
  • Kubur perangkat smartphone anda di tempat penampungan beras seperti cosmos ataupun lainnya. Mungkin terlihat aneh bagi anda, namun ternyata beras ini sangat membantu menyerap cairan. 
  • Jika anda mempunyai kantong pengering telepon, silakan gunakan itu. Namun jika tidak punya sebaiknya anda membelinya karena sangat bagus buat mengeringkan perangkat anda.
  • Diamkan disana selama 1 hingga 2 hari dulu. Setelahnya anda bisa memasukkan baterai dan nyalakan smartphone anda. Jika sudah menyala coba semua fitur fitur apakah bisa berfungsi seperti biasanya.
  • Namun jika telepon anda tidak bisa menyala sama sekali, coba cas dulu smartphone anda. Jika tidak mungkin baterai anda yang sudah rusak, silakan cek lagi, anda mungkin bisa menggantinya atau membiarkannya lebih lama lagi. Skenario terburuk adalah bawa ke ahlinya, atau reparasi telepon.
Jika permasalahan awal memperbaiki handphone basah sudah beres dan tidak terjadi masalah lagi, sebaiknya anda mulai memikirkan cara untuk mencegah hal itu terjadi kembali. Berikut ini adalah tips yang sebaiknya anda lakukan.

tips hp jatuh di air
memperbaiki handphone basah
Cara mengatasi handphone basah selanjutnya adalah belilah casing pelindung anti air untuk smartphone anda 

Banyak sekali dipasaran Indonesia kok, silakan cari cari saja. Meskipun begitu sekarang banyak juga smartphone yang sudah mempunyai fitur berbasis anti air sperti Sony Xperia Z3. Mungkin juga anda bisa memilih Samsung Galaxy S5 Active sebagai alternative pembelian smartphone anda.

Kesimpulan dari Bagaimana memperbaiki perangkat smartphone jatuh di air ataupun memperbaiki handphone basah  diatas adalah tips dasar bagi anda pengguna smartphone. semoga bermanfaat dan mungkin anda tertarik membaca Tips Menjual Smartphone Lama dengan harga tinggi.

Bagaimana Memperbaiki perangkat smartphone jatuh di air Bagaimana Memperbaiki perangkat smartphone jatuh di air Reviewed by Unknown on 01.26 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.