10 Negara wanita lebih berpendidikan dibandingkan Pria

Tentunya yang namanya emansipasi wanita tidak akan pernah luntur dan hilang di seluruh Negara di dunia ini. Bahkan secara tidak langsung dalam kurun waktu yang singkat peran serta wanita semakin tinggi, dan cenderung lebih baik. 

Nah berdasarkan hal itu, ternyata hal tersebut tidak hanya terjadi di beberapa Negara saja. Berikut ini adalah 10 Negara yang jumlah wanita lebih berpendidikan dibandingkan pria.


10. Saudi Arabia


arab saudi


Negara Arab Saudi ini meskipun baru saja bisa melakukan pemungutan suara yang benar, ternyata system pendidikannya di Arab Saudi telah maju. Sebagian besar gender yang yang menggunakan akses pendidikan bahkan 60% telah lulus adalah wanita. Tentu tidak heran bukan Arab Saudi tetap membatasi jumlah persentase wanita yang ternyata sangat banyak ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Universitas ini karena unsur unsur religious seperti tidak diperkenankan menyetir, dan hanya menjadi bagian kecil saja dalam urusan pekerjaan.

9. Argentina


argentina


Argentina merupakan salah satu Negara yang tingkat rasio pendaftaran wanita untuk melanjutkan di perguruan tinggi seimbang dengan pria. Bahkan sejak tahun 1990 tingkat persentase pendaftar mahasiswa gender wanita yang telah lulus mencapai lebih dari 50%. Meskipun begitu hampir sama dengan Arab Saudi, wanita disini masih tidak begitu diterima dalam dunia pekerjaan alias menjadi minoritas. 

8. Amerika Serikat


amerika serikat


Di Amerika Serikat jumlah wanita yang masuk ke jenjang perkuliahan mencapai 57.4 persen. Sejak 2008, rata rata penyandang gelar S2 diberikan kepada wanita meningkat 54 persen. Sedang ditahun 2010, departemen pendidikan Amerika mencatat bahwa perempuan sekarang melebihi laki laki dalam hal pendidikan tingkat tinggi di semua level. Meskipun begitu wanita di Amerika tidak begitu popular untuk memegan tampuk posisi tertinggi di sebuah perusahaan dan mereka dibayar lebih rendah dari laki laki. 

7. Brazil


brazil


Di tahun 2009, perempuan yang telah lulus baik ditingkat sarjana dan tingkatan Master di Negara ini telah mencapai 60 persen berdasarkan laporan dari Organization for Economic Cooperation and Development (OECD). Sedang tingkat rata rata perempuan yang bekerja di Brazil masih sedikit dibawah 50 persen. Hampir sama dengan Negara Negara sebelumnya, pendapatan yang didapat oleh perempuan di Brazil masih kalah dibandingkan pria sebesar 30 persen ditempat kerja yang sama. Sedang di tingkat Kongress dominasi perempuan hanya 56 persen.

6. Spanyol


spanish girl


Di spanyol, tingkat persentase pendidikannya mencapai 60 persen di semua universitas baik sarjana maupun pasca sarjana di tahun 2009. Hampir sama dengan Negara sebelumnya, perempuan masih kurang diminati dalam hal tenaga kerja karena hanya 49 persen dibandingkan pria yang mencapai 59 persen.

5. Estonia.


estonia


Di Negara Estonia, Eropa bagian Utara, lebih dari dua pertiga lulusan universitas adalah perempuan. Ini menandai Negara ini adalah Negara dengan persentase lulusan perempuan tertinggi dibandingkan 34 negara member OECD. Estonia juga mempunyai rata rata pekerja wanita yang lebih baik yaitu 60 persen.

4. Chile

Di tahun 2009 perempuan di Negara ini yang sudah lulus sarjana dan pasca sarjana mencapai lebih dari 60 persen. Meskipun tingkat perempuan yang bekerja sedikit dibawahnya yaitu 60 persen. Hal tersebut dikarenakan beberapa factor seperti budaya yang melarang perempuan untuk bekerja, dan harus memilih apakah dia lebih suka bekerja atau mengurus keluarga.

3. Iran

Di tahun 2003, lebih dari 60 persen jumlah mahasiswa yang masuk bangku perkuliahan adalah perempuan. Pada tahun itu setiap 6 sampai 10 yang lulus dari universitas juga kebanyakan perempuan. Tetapi dalam jumlah pekerja perempuan sangat berbanding terbalik karena terbentur tradisi dan religi yang melarang perempuan untuk melakukan suatu pekerjaan di luar rumah.

2. Canada


canadian girl


Canada merupakan salah satu Negara yang tingkat pendidikan perempuan lebih tinggi dibanding laki laki, yaitu 64.8 persen. Di tahun 2006 dan 2007 perempuan mendominasi jumlah lulusannya dibanding pria di seluruh universitas di Canada. Hampir berbanding terbalik dengan Negara Negara sebelumnya, jumlah pekerja perempuan di Negara ini sangat tinggi yaitu mencapai 70 persen.

1. Finlandia

Negara ini hampir 80 persen, perempuan mendominasi institusi pendidikan tingkat tinggi. Perempuan Finlandia juga membuat lebih dari 60 persen lulusan baik dari sarjana maupun pasca sarjana. Sedang dalam jumlah pekerja wanita di finland mencapai 66 persen, paling tinggi dari Negara peserta OECD.


10 Negara wanita lebih berpendidikan dibandingkan Pria 10 Negara wanita lebih berpendidikan dibandingkan Pria Reviewed by Unknown on 16.37 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.