Khasiat Krokot bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Tanaman krokot atau disebut tanaman gulma merupakan tumbuhan liar yang dapat mengganggu dan merugikan tumbuhan lainnya. Tetapi,  pada intinya semua  tanaman yang  tumbuh di muka bumi  diciptakan oleh sang Pencipta selalu  mempunyai manfaatnya masing-masing.  

Tanaman ini tumbuh liar ditempat lembat ataupun tandus, ukuran tanaman ini tergantung  pada tempat ia tumbuh. Jika, tumbuh di tempat yang lembab atau tanah yang subur akan memiliki daun, batang yang tebal dan berbeda jika tumbuh ditempat tandus agak kecil ukuran serta ketebalannya batang dan daunnya. 

Tanaman krokot ini memiliki rasa dari batangnya yang lembut akan berasa sedikit asin dan asam, daun serta kuncup bunganya dapat dikonsumsi, hingga bijinya pun bisa digunakan sebagai bubuk teh atau seringkali digunakan sebagai bahan untuk membuat minuman herbal.


krokot
Khasiat Krokot bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Pada umumnya tanaman ini tumbuh liar dan bagi masyarakat yang tidak tau akan banyaknya manfaat yang ada dalam tanaman krokot ini akan menyingkirkannya karena dianggap tanaman liar yang tak berguna dan hanya sebagai tanaman pengganggu. Tetapi, bagi masyarakat atau ilmuwan yang mengetahui  banyaknya manfaat serta khasiat  yang ada di dalam tanaman ini akan dicari sampai dibudidayakan. 


Berbagai Khasiat Krokot bagi Kesehatan Tubuh Manusia



Tanaman krokot yang mempunyai nama latin Portulaca Oleracea L
masuk dalam suku portulacaceae mempunyai manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Daun serta batangnya ternyata kaya akan omega 3 asam alfa-linolenat daripada sayuran hijau lainnya, memiliki asam lemak yang tinggi dibandingkan dengan ikan. Telah dilakukan studi penelitian bahwa mengkonsumsi daun dan batang tanaman ini mampu mengurangi resiko berbagai penyakit  seperti stroke, jantung koroner, autisme sehingga dapat membantu perkembangan anak, serta dapat mencegah perkembangan ADHD.





Daun pada krokot mengandung sumber vitamin A yang sangat tinggi dan menjadi salah satu tanaman sayur hijau yang memiliki kandungan vitamin A yang tertinggi.  Vitamin A dikenal mempunyai antioksidan alami yang  kuat  dan penting untuk mata, menjaga selaput lendir agar tetap sehat, serta melindungi penyakit kanker rongga mulut hingga penyakit paru-paru. 

Tanaman krokot ini selain mengandung vitamin A juga mengandung beberapa sumber vitamin lainnya yaitu vitamin C dan ada berbagai  vitamin B kompleks seperti  karotenoid, riboflavin, prydoxine,  serta niacin dan mengandung mineral diet seperti kalsium, kalium, mangan, besi serta magnesium.  Dalam tanaman krokot juga tersimpan dua pigmen betalain alkaloid serta pigmen beta xanthins dan di ketahui kedua pigmen tersebut memiliki manfaat untuk  antioksidan serta khasiat anti-mutagenik yang sangat ampuh.  Manfaat lainnya yaitu vitamin A,B,C  yang terkandung di dalamnya  mempunyai sifat anti skorbut yang mampu melancarkan peredaran darah dalam tubuh serta mampu menghilangkan bengkak.



Khasiat Krokot
Khasiat Krokot bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Semua bagian tanaman ini baik yang segar atau yang sudah dikeringkan dapat dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh atau sebagai obat.Misalnya untuk mengobati sakit bisul, sakit bdan, pegal, sakit kuning, wasir, gangguan saluran kencing, radang payudara yaitu dengan merebus  krokot 9-13 dengan tiga gelas air hingga bersisa sekitar satu gelas lalu minum  tiga kali dalam sehari secara teratur.  

Jantung  berdebar dengan mencuci empat batang krokot kemudian giling campur dengan satu gelas air matang dan madu lalu diperas kemuadian diminum dua kali dalam satu hari. Penyakit lainnya yang dapat disembuhkan dengan rebusan krokot ataupun krokot kering yang ditumbuk yaitu seperti desentri, radang usus buntu, demam, radang pada kulit sampai terkena gigitan lipan juga bisa diobati dengan tanaman ini.

Khasiat Krokot bagi Kesehatan Tubuh Manusia itulah penjelasan tentang tanaman liar ini yang menyimpan banyak manfaat, setelah anda mengetahuinya apakah akan tetap memandang sebelah mata tanaman ini?   Mari kita jaga dan cari tahu manfaat dari tanaman yang ada disekitar kita agar dapat hidup dengan sehat alami. Semoga bermanfaat.
Khasiat Krokot bagi Kesehatan Tubuh Manusia Khasiat Krokot bagi Kesehatan Tubuh Manusia Reviewed by Unknown on 04.08 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.