Misteri Gunung Merbabu

Gunung merbabu merupakan salah satu gunung tertinggi di jawa tengah. Banyak sekali wisatawan lokal yang mendatangi tempat ini baik untuk bersantai ria, maupun mendaki gunung tersebut. 

Gunung merbabu merupakan salah satu  gunung berapi yang ada di jawa tengah yang memiliki ketinggian 3.145 mdpl. Merbabu ini telah meletus dua kali yakni tahun 1560 dan 1797 tetapi tahun 1570 pernah dilaporkan meletus namun belum diketahui kepastiannya. Terdapat beberapa kawasan hutan di merbabu ini yakni hutan atas, bukit, serta hutan gunung.

Ternyata Gunung ini mempunyai cerita misterius yang selalu mengiringi keberadaannya, seperti pasar setan, watugubuk dan 2 puncaknya yaitu Puncak Syarif dan puncak Kenteng songo. Seperti apa ulasannya, simak artikel berikut ini. 

 

pasar setan puncak merbabu

 

Warga lereng merbabu memiliki cerita populer  yang cukup  mistis yaitu  tentang adanya  pasar setan. Konon ceritanya pasar ini dijadikan sebagai tempat transaksi antara para makhluk halus secara gaib. Cerita kisah pasar setan ini sudah bukan rahasia umum dan telah menjadi cerita publik bahkan dikenal oleh para pendaki pecinta alam.  Tempat mistis tersebut dijadikan pos bagi para pendaki untuk beristirahat serta mendirikan tenda.

Akses untuk menuju ke lokasi yang dianggap mistis tersebut memiliki medan yang cukup sulit, jalan cukup terjal serta medannya yang rumit tetapi hal tersebut tidak memupuskan semangat para pecinta alam untuk sampai di lokasi tersebut. Ketika para pendaki lelah biasanya sebelum mencapai lokasi  pos atau tempat yang dianggap mistis tersebut singgah di kentheng songo untuk beristirahat.


Fenomena pasar setan sudah sejak lama terdengar di masyarakat lereng merbabu, merbabu merupakan salah satu gunung di jawa yang dikeramatkan. Masyarakat setempat membenarkan bahwa pasar setan itu benar-benar ada dan adanya kejadian mistis itu sudah menjadi hal yang biasa bagi masyarakat lereng merbabu.

Menurut cerita dari beberapa sumber  di tempat yang namanya menyeramkan itu tidak ada yang istimewa ketika siang hari, hanya ada pohon besar maupun kecil yang tumbuh di perbukitan serta rimbunnya semak belukar.  Namun, saat malam hari suasana tempat itu menjadi berubah yakni perubahan suhu udara  secara tiba-tiba menjadi sangat dingin dan juga terdengar adanya keramaian dsi suatu tempat.






Menurut masyarakat di lereng merbabu di tempat pasar setan itu sering menelan korban jiwa, dan juga adanya cerita bahwa ada jasad wanita berjumlah lima menempel di perbukitan serta satu orang yang telah mati dengan posisi lagi bersemedi.  Namun,  kejaidian-kejadian mistis tersebut dijaga kerahasiaannya oleh warga setempat karena jika membocorkan rahasia yang ada ditempat tersebut konon ceritanya akan mendapatkan musibah.

Konon, di pasar setan tersebut telah banyak memakan korban tetapi kebanyakan dari orang yang berniat tidak baik misalnya datang untuk meminta pesugihan dan orang yang datang tidak mengucap salam atau meminta ijin terlebih dahulu.  Warga setempat hanya memberikan peringatan kepada setiap pendaki ataupun yang datang ke merbabu untuk selalu berhati-hati dan ketika memasuki lokasi merbabu harus memberi salam.

Benar tidaknya adanya pasar setan tersebut mungkin sulit untuk dimengerti, buat yang belum pernah mendaki ke gunung merbabu boleh mencobanya dan membuktikan sendiri  adanya pasar setan tersebut. 




gunung merbabu


watugubuk Merbabu

Salah satu tempat yang mistis lainnya adalah watugubuk. Tempat ini berupa batu yang terdapat lubang yang bisa dimasuki satu orang. Jika anda penasaran silakan mencoba untuk memasukinya, tapi kalo tidak bisa keluar jangan salahkan penulis. 

Di watugubuk kita dilarang yang namanya kencing, buang hajat, berkata bohong dan kotor. Meskipun begitu hampir disemua tempat di gunung ini sebaiknya tidak melakukan hal hal yang dilarang. 

Puncak merbabu Kenteng songo.



Gunung Merbabu


Ditempat ini juga banyak aura mistis seperti terdapat tungku yang kalo dilihat berjumlah empat, namun kata penduduk disana jumlah aslinya adalah sembilan. dari gambar cuman terdapat empat saja. Konon disini merupakan tempat berkumpulnya para penunggu gunung merbabu. 


Misteri Gunung Merbabu Misteri Gunung Merbabu Reviewed by Unknown on 06.33 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.