Khasiat Jengkol bagi Kesehatan Tubuh

Jengkol? Apa yang terbesit di pikiran anda ketika mendengar buah yang satu ini? Eemm, pasti semua akan berpikiran buah yang berbau tak sedap. Jangan salah dibalik bau yang tak sedap dari jengkol ternyata memiliki khasiat yang berguna bagi tubuh kita.

Jengkol atau nama latinnya Pithecollobium Labatum atau Pithecollobium Jiringa merupakan tumbuhan khas di wilayah Asia Tenggara termasuk di Indonesia. Jengkol merupakan makanan dengan bau yang khas yang sering kali di hindari oleh masyarakat, namun banyak juga yang menyukainya.  Di Indonesia sendiri jengkol suddah menjadi makanan khas, jengkol biasanya di olah menjadi semur, balado, sambal, kripik, sampai diolah menjadi kerupuk dan tentunya memiliki  ciri khas cita rasa tersendiri. Selain  bau yang tak khas dan sering dihindari oleh sebagian masyarakat ternyata jengkol memiliki khasiat yang baik bagi tubuh, karena jengkol   banyak mengandung gizi. 


khasiat jengkol bagi tubuh


Kandungan gizi yang terdapat dalam jengkol meliputi kaya akan karbohidrat, protein, vitamin A, B, C, alkaloid kalsium, steroid, glikosida, minyak atsiri, tanin dan sponin.  Banyaknya kandungan gizi ini sudah jelas bahwa jengkol mempunyai khasiat yang sangat baik untuk kesehatan manusia.

Khasiat jengkol bagi ibu hamil

Ibu hamil di anjurkan untuk mengkonsumsi  jengkol, karena terdapat kandungan penting yang terdapat dalam jengkol yaitu vitamin B6 atau asam folat. Dimana vitamin B6 atau asam folat sangat bagus untuk tubuh si ibu hamil serta janin yang dikandungnya serta asam folat dapat mempengaruhi pembentukan janin. khasiat lain pada jengkol untuk ibu hamil  juga dapat membuat pertumbuhan janis  dalam kandungan semakin optimal dan bisa menghindari kecacatan sang bayi, jadi mengkonsumsi jengkol secara tepat tidak berlebihan sangat disarankan untuk ibu hamil.

Khasiat jengkol untuk penderita diabetes

Khasiat lainnya dari buah jengkol yakni  dapat mengontrol gula darah atau mencegah penyakit diabetes/kencing manis. Hal ini dikarenakan jengkol memiliki kandungan gula yang mudah terurai berbeda dengan zat-zat gula lainnya.  Kandungan yang ada pada buah jengkol dapat dengan mudah berubah menjadi energi, jadi dapat menunjang stamina untuk tetap prima.  Kandungan fruktosa atau gula di dalam tubuh akan mudah terurai sehingga tidak terjadi penimbunan gula yang bisa beresiko terjangkit penyakit gula atau diabetes.

Khasiat jengkol  bagi penderita penyakit  jantung 

Kandungan anti-oksidan juga terdapat pada buah jengkol yang mampu menjaga kesehatan jantung, karena anti-oksidan pada jantung dapat melunturkan toxin-toxin yang cukup berbahaya di kemudian hari serta dapat membantu melancarkan proses pembuangan urine.

Nah itu beberapa khasiat jengkol untuk kesehatan tubuh kita, tapi ingat dalam mengkonsumsi jengkol  jangan sampai berlebihan karena jika berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan. Sekarang sudah tau kan khasiat dari buah yang satu ini, dibalik bau yang kurang sedap ternyata memiliki banyak khasiat di dalamnya.

Apakah anda masih ragu dan takut untuk makan jengkol setelah membaca khasiatnya? Jika memang anda malas karena bau yang tidak enak, silakan setelah makan sikat gigi saja, hhihihii...Selamat mencoba.
Khasiat Jengkol bagi Kesehatan Tubuh Khasiat Jengkol bagi Kesehatan Tubuh Reviewed by Unknown on 07.45 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.