Tips Hemat Listrik Ketika Menggunakan Komputer

Tips hemat listrik ketika menggunakan  komputer hal ini jelas dapat menekan besarnya biaya yang kita keluarkan untuk membayar tagihan listrik. Maka mulai dari sekarang sebisa mungkin harus melakukan cara agar dapat menghemat energi listrik mulai dari penggunaan computer yang kita pakai.

Energy listrik merupakan salah satu kebutuhan esensial yang cukup mudah untuk mendapatkannya saat ini. Namun, bahan bakar untuk energy listrik yang berasal dari fosil ini semakin lama akan berkurang serta harga yang cenderung meningkat, untuk itu pembangkit listrik sering mendapat kendala dalam memperoleh bahan bakar dan berakibat pada penurunan produksi energy listrik. Hal ini  mengakibatkan seringnya dilakukan pemdaman listrik karena pasokan listrik berkurang baik untuk memenuhi kebutuhan industry hingga rumah tangga.



hemat listrik pada komputer
Tips Hemat Listrik Ketika Menggunakan Komputer

Penghematan energy listrik ini dapat dilakukan dimana pun dan siapa pun. Penghematan ini tidak hanya dapat dilakukan di perkantoran atau pada industrindustri tetapi juga dapat dilakukan pada listrik rumah tangga yang memiliki skala kecil. Saat ini banyak sekali bahkan hampir semua peralatan rumah tangga menggunakan energi listrik seperti, lampu, televise, komputer, ac/kipas angin, kulkas, mesin cuci, blander, pompa air, serta masih banyak yang lainnya.

Saat ini kita akan membahas tentang tips hemat listrik ketika menggunakan komputer (PC). Komputer merupakan peralatan yang sudah tidak asing lagi bahkan hampir semua orang menggunakannya baik untuk peralatan kantor ataupun pribadi di rumah. 

Penggunaan komputer secara terus menerus dapat mengakibatkan pembengkakan biaya yang harus kita keluarkan dalam membayar tagihan listrik. Agar tagihan listrik anda tidak membengkak khusunya ketika anda selalu menggunakan komputer setiap hari ada beberapa tips hemat listrik ketika menggunakan komputer adalah sebagai berikut:

Pertama, mengatur cahaya terang gelapnya pada monitor secukupnya, karena semakin terang cahaya pada layar monitor maka membutuhkan energi yang semakin besar, jadi lebih baik mengatur cahaya monitor sesuai kebutuhan saja.



cara mengatur kecerahan monitor
Tips Hemat Listrik Ketika Menggunakan Komputer

Ke-dua, memilih layar monitor yang hemat energi, karena saat ini banyak yang sudah menjual monitor hemat energi. Jika anda tidak mengetahui monitor hemat energi itu yang bagaimana anda lebih baik menanyakan kepada penjual sewaktu anda membelinya.

Ke-tiga, menghindari dalam menggunakan stanby power serta screensaver karena penggunaan kedua itu tetap membutuhkan energy listrik.
Ke-empat, dengan menyeting menu pilihan yaitu power di layar utama klik kana dan klik properties kemudian klik tabulasi screensaver dan klik tombol power.

Ke-lima, ketika kotak settingan untuk tenaga listrik telah terbuka selanjutnya menyetingnya sesuai dengan kebutuhan , kondisi dan situasi kita. Seperti turn off monitor yaitu dapat mematikan otomatis komputer ketika tidak digunakan sesuai waktu yang telah kita  pilih. Sebagai contohnya after 10 minutes berarti setelah 10 menit computer yang nyala dan tidak digunakan itu akan dengan otomatis akan mati. 

Settingan lainnya yaitu turn off hard disk contohnya after 30 minutes berarti setelah 30 menit computer tidak terjadi aktivitas har disk akan otomatis mati dengan sendirinya.


Bisa juga jika anda sedang menghemat listrik di kantor dengan memilih system stanby yaitu jika komputer tetap menyala tanpa dioperasikan maka akan dengan otomatis akan mati sementara setelah waktu yang dipilih. Pada mode ini tidak akan menghapus atau menghilangkan data-data yang kita kerjakan sebelumnya. 

Cara lainnya tip hemat listrik prabayar yaitu aktifkan system hibernate yaitu cara yang bisa mematikan otomatis pada komputer yang menyala tanpa dioperasikan tetapi dengan cara ini akan mengilangkan data-data yang telah dikerjakan. Perlu diingat ketika memilih tab hibernate klik enable hibernation.

Ke-enam, tip hemat listrik rumah jika ingin mengaktifkan lagi klik atau goyangkan mouse kalau belum bisa tekan tombol pada keyboard. Dan kalau powernya mati bisa ditekan tombol power CPU.

Itu tadi beberapa tips hemat listrik ketika menggunakan komputer  yang bisa anda coba, karena dengan menghemat energy jelas akan menghemat pengeluaran anda khususnya dalam membayar tagihan listrik yang diketahui semakin lama harganya semakin naik.  Selamat mencoba dan buktikan sendiri.

Tips Hemat Listrik Ketika Menggunakan Komputer Tips Hemat Listrik Ketika Menggunakan Komputer Reviewed by Unknown on 01.30 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.