4 Warisan Budaya Indonesia yang Mendunia

Beberapa warisan budaya Indonesia yang mendunia kita sebagai warga Negara Indonesia patut bangga karena  dan telah menjadi kebanggaan di negara sendiri dan  dunia. Banyaknya warisan budaya yang ada hendaknya kita selalu menjaga dan melestarikannya agar tidak di ambil alih oleh Negara lain sebagai budaya mereka. Inilah 4 warisan budaya Indonesia yang mendunia dan menjadi salah satu kebanggaan bangsa kita serta kebanggaan dunia.

warisan budaya Indonesia yang mendunia Wayang


wayang
4 Warisan Budaya Indonesia yang  Menduniation


Wayang sebagai warisan budaya Indonesia ini telah di akui oleh UNESCO di tahun 2003. Wayang yang diakui oleh UNESCO ini tidak hanya wayang yang berasal dari jawa saja melainkan wayang Lombok, bali, wayang golek dari sunda, dll. Pertunjukan wayang selalu diiringi menggunakan musik gamelan untuk memainkan berbagai kisah-kisah cerita seperti kepahlawanan, dewa-dewi, kisah persilatan, dll. 

Kepandaian serta kepiwaian sang dalang dalam membawakan suatu kisah cerita baik dengan suasana emosi penonton, cerita lucu yang mampu mebuat para penonton tertawa ngakak sampai ke seruny suatu cerita peperangan semua itu mampu membuat para penonton menyukai wayang tersebut. Pada tahun 1950-1960 wayang telah diakui oleh para peneliti barat dan di tahun tersebut merupakan puncak kejayaan wayang dan diakui sebagai salah satu pertunjukan seni yang sangat indah di dunia.


warisan budaya Indonesia yang mendunia Keris


 
keris
4 Warisan Budaya Indonesia yang  Mendunia

25 Novermber 2005 keris telah di akui UNESCO dan dinyatakan sebagai masterpiece of the oral and intangible heritage of humanity. Keris adalah senjata tradisional yang konon memiliki kekuatan supranatural. Dahulu para raja di Indonesia menjadikan keris-keris tersebut sebagai pusaka. Keris dibuat dari logam yang sangat berkualitas dengan gagangnya yang terbuat dari tulang, tanduk atau kayu yang mulai digunakan pada abad ke-9 bahkan keris kuno dahulu bahan yang digunakannya adalah meteor yang jatuh di bumi. 

Para peneliti keris dahulu menyatakan keris kuno memiliki kandungan unsur logam titanium yang pada abad ke-20 dipakai sebagai bahan lapisan kendaraan luar angkasa, namun para mpu yang membuat keris ternyata telah meneukan bahan tersebut untuk membuat keris. 


warisan budaya Indonesia yang mendunia Batik


batik
4 Warisan Budaya Indonesia yang  Mendunia


Batik dari Indonesia telah menjadi salah satu warisan budaya dunia. Batik merupakan hasil dari proses ragam hias atau penulisan berbentuk gambar di atas media apapun dengan memakai lilin panas dan menggunakan canting. Batik sering dilukis diatas kain katun dan sutra. Kesenian ini telah dikenal dari zaman dahulu dari zaman majapahit dan berkembang pada masa kerajaan-kerajaan selanjutnya hingga saat ini. P

ara pelukis batik ini melukis dengan mencari pola dasar dari apa yang telah ia lihat kemudian ditambahkan beberapa aturan yang cukup sederhana sehingga para pelukis dapat menghasilkan batik yang sangat indah. Untuk bisa melukis batik dengan sempurna memerlukan kejeniusan dalam mencari pola dasar dan aturan yang ingin ditambahkannya.

warisan budaya Indonesia yang mendunia Angklung


 
angklung
4 Warisan Budaya Indonesia yang  Mendunia

Angklung berkembang di daerah jawa barat yang merupakan alat musik bernada ganda (multitonal) dan berkembang dalam bahasa sunda. Angklung terbuat dari bambu dan cara membunyikannya dengan digoyangkan dan menghasilkan getaran bunyi pada susunan nada2, 3 samapi ke 4 setiap ukuran baik kecil ataupun besar. Angklung telah di akui oleh UNESCO sebagai karya agung warisan budaya lisan serta nonbendawi manusia pada November 2010.

itulah tadi 4 warisan budaya indonesia yang mendunia, kita sebagai rakyat indonesia patut untuk berbangga dan harus mampu menjaga serta melestarikan warisan budaya yang ada. Anda juga bisa membaca artikel menarik berjudul kerajinan indonesia yang terkenal di dunia
4 Warisan Budaya Indonesia yang Mendunia 4 Warisan Budaya Indonesia yang  Mendunia Reviewed by Unknown on 01.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.