Cara Mengatasi Sakit Saat Haid

Masalah yang sering dikeluhkan oleh sebagian wanita adalah sakit saat haid (dismenorrhea). Sakit saat haid merupkan hal yang wajar dan tidak perlu begitu dikhawatirkan karena hal itu merupakan  serangkaian premanstrual simdrom. Penyebabnya adalah timbulnya faktor hormonal yang terjadi. 

Rangkaian premanstrual itu terjadi sekitar satu atau dua minggu sebelum waktu haid tiba. Ada beberapa gejala yang mungkin akan muncul sebelum haid seperti pusing, nyeri di perut, depresi, kelelahan, kembung, pembengkakan payudara, bahkan emosi seseorang menjadi memuncak serta memiliki perasaan yang sangat sensitif.


tips haid
Cara Mengatasi Sakit Saat Haid

Masalah-masalah rasa sakit yang timbul di saat haid dapat diatasi dengan berbagai cara yang bisa anda lakukan. Ini lah beberapa cara mengatasi sakit saat haid, sebagai berikut:

Cara Mengatasi Sakit Saat Haid dengan mengkonsumsi makanan  sehat

Memeperbanyak menggonsumsi makanan yang banyak mengandung magnesium, vitamin D, E, kalsium, serta yang mengandung omega 3.  Banyak makan buah, sayur yang beraneka  warna, labu serta makanan yang memiliki kandungan protein nabati.

Cara Mengatasi Sakit Saat Haid dengan mengompres perut

Dengan mengompres perut  serta punggung bagian bawah dengan memakai bantalan yang panas. Selain itu juga bisa merileksasi dengan berendam di dalam air hangat dapat mengatasi sakit saat haid.

sakit saat haid
Cara Mengatasi Sakit Saat Haid

Cara Mengatasi Sakit Saat Haid dengan berbaring

Berbaring juga dapat mengatasi masalah sakit saat haid misalnya dengan berbaring di tempat tidur atau kursi dll. Sakit saat haid biasanaya sering dirasakan di bagian punggung. Gunakanlah bantal sebagai penyangga lutut dengan sesekali mengambil nafas yang dalam lalu buang. Lakukanlah kegiatan ini sampai anda nyaman.

Cara Mengatasi Sakit Saat Haid dengan memijat

Memijat dengan ringan di bagian perut yang bawah dan pinggang secara merata serta memijat pada otot seputaran daerah pusar dengan mencubitnya pelan-pelan. Selain itu  anda bisa melakukan pijatan ringan di bagian otot dalam tulang kering dari bawah sampai atas.

Cara Mengatasi Sakit Saat Haid dengan minum jamu

Obat tradisional bisa digunakan untuk mengatasi sakit saat haid yaitu bisa dengan mencampurkan daun dewa dengan kunyit kemudian direbus  saring dan airnya bisa diminum 2 kali sebagai cara untuk mengurangi rasa sakit ketika haid.


olahraga
Cara Mengatasi Sakit Saat Haid

Cara Mengatasi Sakit Saat Haid dengan berolahraga ringan

Kegiatan olahraga yang bisa mengurangi rasa sakit saat haid yaitu dengan berjalan kaki. Dengan jalan kaki  sekitar 30 menit dengan teratur  mampu membuat gerakan pada otot sehingga mampu meningkatkan denyut jantung. Bisa juga denga jogging karena jogging mampu memperlancar peredaran darah sekaligus mampu meningkatkan metabilisme dalam tubuh. Olahraga ringan lainnya yaitu dengan yoga karena olahraga ini membuat tubuh menjadi rileks, sirkulasi darah lancar serta dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Cara Mengatasi Sakit Saat Haid dengan berkonsultasi pada dokter

Cara terakhir jika semua cara-cara diatas tidak membuat rasa sakit anda berkurang  lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter. Walaupun rasa sakit saat haid akan dirasakan oleh setiap wanita tetapi jika tak kunjung sembuh dan cukup mengganggu bisa jadi hal ini salah satu masalah terhadapa alat reproduksi anda.  Jadi langkah yang sangat tepat adalah dengan berkonsultasi langsung dengan dokter sehingga anda dapat diberikan solusi yang sangat tepat.

Itu tadi beberapa Cara Mengatasi Sakit Saat Haid, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu anda dalam mengatasi rasa sakit yang muncul ketika anda mengalami haid. Baca juga Manfaat Ubi Kuning untuk Kecantikan
Cara Mengatasi Sakit Saat Haid Cara Mengatasi Sakit Saat Haid Reviewed by Unknown on 22.30 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.