5 Tujuan Wisata Terindah di Pacitan Jawa Timur

Tempat wisata alam  di Pacitan memiliki daya tarik tersendiri karena memiliki kontur daerahnya yang dikelilingi oleh pegunungan yang sangat menawan. Kita dapat menemukan beberapa pantai yang masih alami, dan jika anda suka berjelajah alam anda dapat berkunjung ke goa-goa yang cukup menarik untuk dikunjungi. Banyaknya goa yang ada di Pacitan, menjadikan kota ini diberi julukan kota seribu goa. 

Pacitan merupakan sebuah kabupaten yang terletak di propinsi jawa timur bagian ujung barat sekitar 270 km dari Surabaya. Secara geografis kabupaten pacitan ini dikelilingi oleh pegunungan dan berbatasan dengan samudera hindia.

Pesona pantai yang ada di pacitan merupakan salah satu tujuan wisata yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan baik local maupun mancanegara.  Pada saat liburan tiba atau akhir pekan pantai dengan pasirputih yang bersih dan alamnya yang indah menjadi salah satu destinasi wisata terfavorit untuk dikunjungi. Di kabupaten pacitan ini anda akan menemukan banyaknya pantai yang bisa dikunjungi dnegan ciri khas pantainya masing-masing.

Sementara, obyek wisata lainnya yang layak untuk dikunjungi adalah obyek wisata goa. Goa-goa tersebut pada umumnya berada pdi daerah lereng perbukitan dengan pemandangan hutan serta pohon-pohon besar yang rumbuh dsekitarnya menambah keindahan alam yang ada. Di tanah kelahiran presiden RI-6  ini pantai dan goa menjadi obyek wisata yang memiliki daya tarik paling utama.

Inilah 5 tempat tujuan wisata yang terindah di kabupaten pacitan yang memiliki pesona keindahan  alam yang berbeda-beda.

Pantai Klayar Pacitan 

Tujuan Wisata Terindah di Pacitan
5 Tujuan Wisata Terindah di Pacitan  Jawa Timur

Pantai klayar ini berada sekitar 35 km dari pusat kota pacitan tepatnya di kecamatan donorojo. Perjalanan untuk dapat sampai ketempat ini sekitar satu jam dari pusat kota pacitan dengan akses jalan yang cukup menantang karena jalan yang cukup sempit bahkan beberapa jalan yang rusak. 

Selain itu, harus melewati daerah perbukitan dengan jalan yang naik turun cukup curan disertai kelokan-kelokan yang tajam dan  sepanjang perjalanan akan ditemani pemandngan yang masih alami berupa bukit dan lembah yang hijau. Perjalanan yang cukup ekstrim untuk bisa sampai ditempat ini akan terbayarkan dengan semua keindahan yang ada di pantai ini.

Pantai klayar merupakan pantai yang masih sepi dengan beberapa nelayan yang melaut dan beberapa tempat orang berdagang. Pantai ini memiliki hamparan luas pasir putih bersih, karang bolong, air mancur dengan tinggi 10 meter, batu karang mirip sphink dan yang tak kalah indahnya adalah adanya seruling laut yang berada diantara bebatuan. 

Pemandangan lainnya yaitu ombaknya yang cukup besar dengan air yang sangat jernih memecah hamparan pasir putih dipantai dan terapit oleh bukit-bukit karang disisi kanan dan kiri.

Pantai Watu Karung Pacitan

Watu Karung Beach
5 Tujuan Wisata Terindah di Pacitan  Jawa Timur
 
Pantai ini sangat terkenal dengan ombaknya yang sangat dahsyat dan menjadi salah satu tempat surfing kelas dunia di kabupaten pacitan. Pantai ini terletak di kecmaatan pringkulu tepatnya di desa watu karung dan merupakan surganya tempat surfing di jawa.  Jarak pantai ini sekitar 40km dari kota pacitan atau sekitar 45 menit perjalanan.

Pantai ini masih sangat terjaga keasliannya karena masih banyak yang belum mengetahui keberadaannya. Pantai ini tidak begitu luas dengan pasir yang putih bersih, berjejeran batuan karang yang besar dengan sedikit terhias oleh tumbuhan hijau. Air laut yang sangat jernih berwarna hijau menjadikan biota laut serta karang yang ada dibawahnya dapat terlihat dengan indah. 

Goa Gong Pacitan

Gua Gong Pacitan
5 Tujuan Wisata Terindah di Pacitan  Jawa Timur
 
Goa gong merupakan goa yang cukup dalam dan berada diantara beberapa gugusan goa disekitarnya yang sangat indah. Goa ini berada di desa bomo, kecamatan punung atau 30km arah barat kota pacitan. Akses jalan untuk sampai ketempat ini tetap sama dengan obyek wisata di pacitan yaitu melewati perbukitan dengan pemandangan alam hijau. 

Di dalam goa gong ini terdapat batu jika dipukul akan berbunyi layaknya gong yang ditabuh. Goa-goa yang ada dipacitan umumnya terbentuk dari batuan karts yaitu batuan yang keras dan hitam. Ketika masuk dalam goa bukan kegelapan yang menghampiri kita melainkan pemandangan yang cukup terang menemani perjalanan menikmati keindahan dalam goa dengan stalaktit-stalaktit bergelantungan dan beberapa kolam air yang ada didalamnya. 

Sungai Maron Pacitan

Sungai Maron pacitan
5 Tujuan Wisata Terindah di Pacitan  Jawa Timur
 
Sungai maron atau sering disebut dengan green canyon nya pacitan, sungai ini berada di desa maron kecamatan pringkuku pacitan. Sungai ini merupakan sungai yang masih tersembunyi dengan keindahan alamnya yang masih alamidan terjaga kelestariannya. Sungai ini mengalir langsung menuju ke laut lepas dan bermuara di pantai ngiroboyo.

Jika ingin menikmati keindahan alam dari sungai ini lebih baik menyewa perahu untuk menyusuri sungai. Selama perjalanan menyusuri sungai sekitar 4,5 km ini anda akan ditemani pepohonan sekitar sungai seperti pohon kelapa yang tinggi dan pohon jambu dengan aliran air sungai yang cukup jernih menambah ke eksotikan keindahan alam yang satu ini.muali tahun 2012 disungai ini diadakan lomba dayung yang diperuntukkan bagi siapa saja yang akan mengikutinya.

Goa Tabuhan Pacitan 

Gua Tabuhan Pacitan
5 Tujuan Wisata Terindah di Pacitan  Jawa Timur

Goa tabuhan berada di dera wereng kecmatan punung pacitan, goa ini merupakan salah satu tempat wisata yang memiliki karakter magis. Bebatuan dalam goa ini dapat menghasilkan suara alat music seperti halnya gamelan jawa yang sedang ditabuh. Suara tersebut berasal dari batu stalagnit/stalagtit di dalam goa tersebut.

Nah itu Tadi Tempat Tempat Terpopuler Tujuan Wisata di Pacitan, jika anda sedang berada di jawa timur jangan lupa berkunjung di tempat wisata tersebut.

5 Tujuan Wisata Terindah di Pacitan Jawa Timur 5 Tujuan Wisata Terindah di Pacitan  Jawa Timur Reviewed by Unknown on 20.42 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.