Manfaat Beras Hitam Bagi Kesehatan

Manfaat beras hitam bagi kesehatan lebih berkhasiat dibandingkan dengan  beras putih. Menurut sejarah saat  dinasti tiongkok  beras hitam ini hanya boleh dikonsumsi bagi kalangan raja atau lingkungan kerajaan, maka beras ini dulunya dikenal dengan beras yang terlarang.

Beras hitam bisa ditemui dan tumbuh di daerah asia, ada beberapa hal yang membuat banyak manfaat beras hitam bagi kesehatan tubuh lebih baik  daripada beras putih.  Pada beras hitam terdapat kandungan gizi yang sangat banyak yakni  di lapisan yang paling luar terdapat seperti  vitamin B1, B6, B3, serat, mangan, vitamin E, zat besi, asam lemak esensial, phosphor,  asam amino serta antiksi dan anthocyanin ( pemberi warna ungu kehitaman beras). Nah , pada bagian yang luar ini membuat beras hitam tersebut lebih lama dimasaknya.

Nasi adalah salah satu dari berbagai makanan sebagai sumber karbohidrat yang sering dikonsumsi oleh masyarakat indonesia atau Asia. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan didapati bahwa kandungan gizi yang terdapat pada beras hitam termasuk antioksi dan anthocyanin serta serat dapat mencegah beberapa penyakit. Adapun manfaat  beras hitam bagi kesehatan diantaranya yaitu:

 
beras-hitam
Manfaat beras hitam bagi kesehatan

Beras hitam sebagai pencegah kanker

Beras hitam mampu mencegah kanker karena beras hitam terdapat kandungan antosium yang sangat tinggi.  Hasil penelitian mengungkapkan bahwa antosium adalah antioksidan yang cukup kuat dan aktioksidan tersebut diketahui mampu mencegah adanya penyakit kanker.

Beras hitan sebagai pencegah diabetes

Jumlah kalori yang ada dalam beras hitam paling rendah dibandingkan dengan beberapa jenis beras yang lainnya., yakni 362 kcal/100 gram. Kandungan kalori dengan indeks glikemik  berkaitan sangat erat, dimana indeks gllikemik  adalah besaran angka makanan yang mampu meningkatkan ka dar gula. Jadi jika indeks glikemik pada makanan semakin tinggi, maka semakin tinggi kenaikan gula darah. Untuk itu disarnkan untuk mengonksumsi beras hitam bagi penderita deabetes.

Beras hitam sebagai obat anemia

Beras hitam yang kaya akan kandungan zat besi mencapai 15,52 ppm menjadikan beras hitam ini sebagai salah satu unsur yang sangat penting untuk pembentukan darah (heemogoblin). Makanan yang mengandung zat besi sangat baik dan dianjurkan untuk para penderita anemia. Bagi anda yang sering lemas dan tidak energic, beras hitam/merah ini solusinya.



Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan
Manfaat Beras Hitam Bagi Kesehatan

Beras hitam sebagai pencegah penyakit jantung

Beras hitam kaya dengan serat yang sangat tinggi, ini terasa pada beras merah yang memiliki rasa agak sedikit pera dan berbeda dengan beras putih.  Semua makanan yang mengandung kaya akan serat memiliki peran yang sangat penting bagi kesehatan jantung. 

Beras hitam sebagai anti aging (anti penuaan)

Antioksidan yang terdapat pada beras merah memiliki peran yang dangan baik dalam memperbaiki serta menjaga sel-sel pada tubuh.  jika anda gemar mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi sudah tentu sel-sel pada tubuh akan lebih cepat memperbaiki diri sehingga anda terlihat selalu awet muda serta selalu bugar dan fresh.

Itu tadi beberapa manfaat beras hitam bagi kesehatan yang bisa kita coba agar tubuh selalu tetap sehat. menjaga tubuh agar tetap sehat berasal dari pribadi kita masing-masing karena sehat itu mahal,  dengan sehat kita dapat melakukan berbagai aktivitas. Baca juga artikel menarik lainnya Manfaat Pohon Pepaya Bagi Kesehatan


Manfaat Beras Hitam Bagi Kesehatan Manfaat Beras Hitam Bagi Kesehatan Reviewed by Unknown on 01.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.