Tradisi Unik Kelulusan Sekolah yang Hanya ada di Indonesia

Tradisi Unik Kelulusan Sekolah yang Hanya ada di Indonesia sudah menjadi hal yang selalu  dilakukan oleh para pelajar. Tradisi tersebut dilakukan setelah para pelajar dinyatakan berhasil lulus ujian nasional yang sangat khas dan tak bisa dilupakan karena tradisi tersebut hanya dilewati ketika kelulusan sekolah.

Para pelajar mengabadikan moment kelulusan dengan cara-cara yang cukup unik dan sudah menjadi tradisi yang pasti ada.  Dan mungkin sebagian besar pelajar melakukan hal tersebut termasuk anda bukan?  Nah, ini dia Tradisi Unik Kelulusan Sekolah yang Hanya ada di Indonesia yang sudah menjadi kegiatan yang selalu dilakukan karena tradisi tersebut menyimpan kenangan yang indah semasa sekolah.

Inilah beberapa Tradisi Unik Kelulusan Sekolah yang Hanya ada di Indonesia


Corat-Coret Seragam

 

asliunik.com
Tradisi Unik Kelulusan Sekolah yang Hanya ada di Indonesia

Para pelajar khususnya anak SMA, merayakan moment kelulusan dengan menyemprot seragam mereka dengan cat pilox, spidol yang berwarna-warni,  atau tanda tangan pada seragam diantara teman yang lain. Mereka bersorak gembira karena telah berhasil lulus ujian sekolah yang memang sudah ada sejak dulu entah kapan mulainya hingga saat ini masih terus dilakukan. 

Namun, dibalik kegembiraan mereka ternyata menyimpan adaanya kontroversi tentang kebiasaan mencoret seragam. Banyak yang memberikan saran agar seragamnya untuk disumbangkan kepada yang membutuhkan, setidaknya akan lebih berguna di esok hari.  Tetapi yang namanya anak remaja, ada yang mengabadikan moment kelulusan dengan benda kenangan seragam yang dicoret-coret tetapi juga ada yang bersedia menyumbangkan kepada yang membutuhkan.

Konvoi Sampai Macet

 

asliunik.com
Tradisi Unik Kelulusan Sekolah yang Hanya ada di Indonesia

Kebiasaan selanjutnya setelah corat-coret seragam pelajar biasanya melakukan iring-iringan konvoi secara bergerombol. Dalam konvoi ini sebenarnya kurang diapresiasi  apalgi jika konvoinya hingga ugal-ugalan dijalan sampai menjadikan kemacetan. Walaupun dicegah bagaimanapun itu memang sudah menjadi tradisi yang ada sejak lama dan turun menurun hingga saat ini.  berharap saja konvoinya bisa tertip, aman dan tak ada tindakan yang membahayakan bagi sesama.

Antrian Dandan Wisuda

 

asliunik.com
Tradisi Unik Kelulusan Sekolah yang Hanya ada di Indonesia

Yang pernah merasakan wisuda tentunya pernah mengalami hal serupa dimana dari pagi buta jam 2 sudah rela antri untuk berdandan.  Karena memang upacara wisuda dilaksanakan di pagi hari sehingga menuntut untuk para wisudawati mengantri di salon yang ia kehendaki. Walaupun masih pagi buta dan ngantuk tapi mereka rela demi  satu hari untuk di wisuda yang memiliki kenangan tersendiri.

Lempar Toga

 

asliunik.com
Tradisi Unik Kelulusan Sekolah yang Hanya ada di Indonesia

Tradisi Unik Kelulusan Sekolah yang Hanya ada di Indonesia lainnya adalah lempar toga.  Tradisi ini memang sering terlihat setelah upacara wisuda selesai. Memang tak ada sebuah filosofi khusus mengapa tradisi melempar toga selalu dilakukan oleh para wisudawan dan wisudawati hingga saat ini.  mungkin dengan melempar toga kita melemparkan harapan dan cita-cita setinggi langit. Namun diambil makna sederhananya tradisi ini dilakukan dalam meluapkan kegembiraannya  karena telah berhasil lulus ujian.

Nyebur ke Air


asliunik.com
Tradisi Unik Kelulusan Sekolah yang Hanya ada di Indonesia


Nyebur ke kolam bahkan ke laut juga menjadi suatu tradisi unik yang dilakukan setelah kelulusan.  Ekspresi kegembiraan diluapkan dengan nyebur ke kolam atas keberhasilannya   setelah berjuang menempuh ujian.  Tradisi nyebur ke air  merupakan simbol  bahwa mereka akan mulai menyelami dunia yang baru setelah lulus, atau mungkin juga untuk membuang sial dan menata kehidupan baru yang lebih baik.

Nah itulah tadi Tradisi Unik Kelulusan Sekolah yang Hanya ada di Indonesia yang hingga saat ini masih tetap dilakukan oleh para pelajar dalam mengekspresikan kegembiraannya. Semoga para pemuda yang baru lulus ini bisa memberikan kontribusi yang sangat baik demi kemajuan bangsa bukan hanya menambah angka pengangguran. Selamat dan sukses buat kita semua
Tradisi Unik Kelulusan Sekolah yang Hanya ada di Indonesia Tradisi Unik Kelulusan Sekolah yang Hanya ada di Indonesia Reviewed by Unknown on 06.18 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.