Sungai Paling Indah di Indonesia

Sungai Paling Indah di Indonesia merupakan salah satu pesona alam dengan sensasi yang luar biasa dan harus tetap dijaga dengan baik agar sungai-sungai tersebut tetap menjadi pemandangan alam yang indah. Pada zaman dulu sungai dijadikan salah satu tempat transportasi oleh masyarakat sekitar tetapi saat ini juga masih ada yang menggunakan sungai sebagai tempat transportasi. 

Sungai-sungai di Indonesia ini juga dapat dijadikan destinasi tujuan wisata yang sangat keren tidak kalah dengan suasana sungai yang ada di luar negeri.  Dengan wisata menyusuri sungai yang indah tersebut sahabat unik sekaligus juga dapat menikmati alam sekitar sungai dengan berbagai pohon hewan yang ada disekitarnya. 


Berikut  nama-nama Sungai Paling Indah di Indonesia yang mempesona.


Sungai Kapuas di Kalimantan Barat

 

asliunik.com
Sungai Paling Indah di Indonesia

Sungai Paling Indah di Indonesia pertama adalah sungai kapuas yang merupakan sungai paling panjang di Indonesia.  Panjang sungai kapuas tersebut mencapai 1178 km dengan aliran sungai yang berawal dari pegunungan muller selanjutnya berakhir atau bermuara di selat karimata. Sungai kapuas mempunyai 700 spesies jenis ikan yang dapat diambil dan bisa dimakan, sehingga disungai ini banyak nelayan mencari ikan.


Sungai kapuas menjadi obyek wisata yang bisa dikunjungi dan setiap satu tahun sekali di sungai ini diadakan acara tahunan lomba perahu hias. Jika ingin menyusuri sungai dan menikmati alam sekitar sungai bisa dilakukan karena telah disediakan juga kapal wisata.



Sungai  Ayung di Bali

 

asliunik.com
Sungai Paling Indah di Indonesia

Bali memang terkenal dengan tempat wisata yang sudah mendunia, tetapi jika berkunjung kebali jangan lupa untuk menikmati keindahan sungai Ayung yang ada di Ubud Gianyar, Bali.  Memang sungai tersebut masih jarang terekspos.  


Sungai ini menawarkan keindahan yang begitu memukau para wisatawan dan yang menariknya lagi ada sebuah spa yang ada dipinggir sungai yang dihadirkan oleh sebuah serort yang berada di dekat sungai tersebut.  Para wisatawan yang akan merasakan spa maka akan ditidurkan tepat diatas batuan yang besar di tepi sungai dan wisatawan akan dipijat dengan iringan suara kicauan burung dari alam.


Sungai Kampar di Riau

 

asliunik.com
Sungai Paling Indah di Indonesia

Sungai Kampar berada di Riau Pekanbaru tepatnya di desa Teluk Meranti. Sungai kampar yang letaknya dekat dengan laut menjadikan sungai  kapmar sering disinggahi oleh ombak yang besar.   Jadi selain dapat menikmati keindahannya, wisatawan yang berkunjung juga dapat melakukan olahraga selancar.  


Sungai yang tak begitu panjang ini mempunyai  ketinggian ombak hingga 7 sampai 10 meter.  Sungai dengan ombak besarnya ini sudah populer dikalangan peselancar, maka tak heran jika sungai kampar ramai dikunjungi oleh para peselancar. 


Sungai Kalisuci di Gunung  Kidul

 

asliunik.com
Sungai Paling Indah di Indonesia

Sungai Kalisuci adalah sungai yang da dibawah tanah dan di Goa Pindul yang terletak di desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunung Kidul.    Sungainya memang pendek dan kecil yaitu memiliki panjang 300m dan lebar 5m tetapi pemandangannya sungguh luar biasa indahnya.  

Pengunjung dapat menikmati  lubang besar dari bawah tanah yang dapat menghubungkan dengan daerah luar dan disungai ini pengunjung juga dapat berenang karena sungainya dangkal  dan jernih jadi tak begitu berbahayakan.  Dalam menyusuri sungai ini anda akan sesekalimelalui lorong gua bawah tanah yang cukup gelap melengkapi petualangan anda. 


Sungai  Cijulang (green canyon ) di Pangandaran

 

asliunik.com
Sungai Paling Indah di Indonesia

Sungai cijulang atau yang dikenal dengan Green Canyon ini  memiliki nama asli Cukang Taneuh yang artinya jembatan tanah berada di desa Kertayasa, Cijulang, propinsi Jawa Barat.  Sungai ini bisa dibilang sebagai Green Canyonnya Indonesia, memang keindahannya juga tak kalah dengan yang diluar negri.  

Sungai Cijulang berada diantara rimbunnya pepohonan serta diapit oleh dua bukit. Air sungai ini cukup jernih yang berwarna hijau, pengunjung tetap bisa berenang disungai sambil menikmati  keindahan sekitar secara langsung dan juga dapat menyusuri sungai dengan naik perahu yang tersedia.



Sungai Maron di Pacitan

 

asliunik.com
Sungai Paling Indah di Indonesia

Menikmati keindahan Sungai maron yang ada di desa Dersono, Pringkuku Kabupaten Pacitan ini layaknya berpetualang menyusuri sungai amazon.  Jadi tidak perlu jauh-jauh datang ke Brazil karena di Pacitan pun ada sungai amazonnya Indonesia yang sangat indah.  


sungai yang airnya sangat jernih  ini akan bermuara pada pantai Ngiroboyo, anda pun bisa menyusurinya sambil menikmati keindahan yang ada disepanjang perjalanan seperti  hewan-hewan, irama kicauan burung, pohon yang rapat seperti di amazon, dll. Sampai di pantai dimana air sungai tersebut bermuara anda akan disuguhi  pantai yang sangat unik yaitu pantai dengan pasir yang berwarna hitam serta keindahan lainnya.


Sungai Martapura di Kalimantan Selatan 


asliunik.com
Sungai Paling Indah di Indonesia

Sungai martapura terletak di Banjar Kalimantan selatan, disungai ini anda dapat menikmati pasar terapung seperti di Thailand. Di sungai ini terdapat pemandangan yang berbeda yakni aktifitas masyarakat dalam melakukan jual beli atau bisa disebut dengan pasar terapung yang benar-benar masih tradisional.  


Para pedagang menjajakan dagangannya diatas kapal mereka atau biasa disebut dengan jukung.  Para pembeli  bisa langsung menghampiri para pedagang atau bisa juga dipanggil kepinggir pantai dan pedagang yang menghampiri pembeli tersebut.


Sungai Mahakam di Kalimantan Timur

 

asliunik.com
Sungai Paling Indah di Indonesia

 

Di sungai Mahakam yang berada di Kutai Barat Kalimantan Timur  ini anda bisa menyaksikan secara langsung ikan  lumba-lumba.  Daerah aliran sungai ini di waktu musim tertentu akan didatangi oleh  sekelompok lumba-lumba yang dinamakan pesut mahakam.  Lumba-lumba air tawar ini akan muncul ketika pagi dan sore hari, dan selain lumba-lumba anda pun tetap dapat melihat hewan liar yang tak kalah memukau.

Nah itulah tadi sahabat unik deretan Sungai Paling Indah di Indonesia yang menjadi salah satu aset wisata tanah air yang perlu dijaga keindahan serta keaslian alam sekitar.
 
Sungai Paling Indah di Indonesia Sungai Paling Indah di Indonesia Reviewed by Unknown on 19.00 Rating: 5

1 komentar:

  1. terimakasih infonya sangat menarik, dan jangan lupa kunjungi website kami http://bit.ly/2QT64Kk

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.