Giethoorn, Kota Tanpa Jalan Raya

Inilah Giethoorn,  Kota Tanpa Jalan Raya yang sangat unik di dunia terletak di 88 km timur laut Amsterdam.  Kota Giethoorn memang berbeda dengan kota-kota pada umumnya yang pernah dilihat karena kota ini tidak memiliki jalan raya karena di kota ini akses jalannya melewati sungai. 


asliunik.com
Giethoorn,  Kota Tanpa Jalan Raya


Siapa yang menyangka bahwa setelah terjadinya banjir St. Elisabeth yang telah  melanda  kota tersebut tahun 1970  membuat keajaiban tersendiri bagi kota Giethoorn.  Pada tahun 1230 para imigran Mediterania menata kota banjir tersebut dengan membuat sungai-sungai kecil dalam tujuan menyingkirkan tanah gambut.  Akibat dari penggalian  sungai-sungai kecil itu maka terbentuklah dataran tinggi disekitar sungai.


Dataran-dataran tinggi disekitar sungai tersebut membentuk sebuah pulau kecil dan dimanfaatkan oleh para imigran untuk membangun rumah tempat tinggal mereka.  sebagai penghubung antar pulau kecil itu dibuatlah jembatan kecil.



asliunik.com
Giethoorn,  Kota Tanpa Jalan Raya


Seluruh wilayah kota Giethoorn  yang dikelilingi dengan sungai kecil itu disetiap sepanjang 6,5 meter terdapat kanal-kanal sungai.  Kanal sungai tersebut dihiasi dengan pohon yang hijau, lingkungan yang bersih  menambah keindahan kota yang mampu memanjakan mata memandang.  Selain itu hiasan lain yang tak kalah memukau adalah rumah warga yang menawan dengan desain yang masih tradisional khas Belanda. 


asliunik.com
Giethoorn,  Kota Tanpa Jalan Raya


Sebagai alat transportasi utama, semua penduduk kota ini memakai perahu kecil atau dengan berjalan melewati jembatan.  Hal itu membuat kota unik ini menjadi lebih menawan  dengan aktivitas lalu lalang perahu-perahu kecil, lingkungan yang bersih dengan pepohonan hijau asri, serta rumah warga yang masih tradisional dan air sungainya pun terlihat cukup bersih. 



asliunik.com
Giethoorn,  Kota Tanpa Jalan Raya


Jika anda ingin berkunjung ke kota Giethoorn yang unik ini, anda harus rela memparkir mobil, bus atau kendaraan anda diluar kota tersebut.  Kota Giethoorn ini awalnya mulai dikenal dunia tahun 1958 ketika saat itu sedang dilangsungkan pembuatan sebuah film  yang ditayangkan pada sebuah festifal film Fanfare yang dibuat Bert Haanstra.



asliunik.com
Giethoorn,  Kota Tanpa Jalan Raya


Pastinya jika tinggal di kota ini udara lebih segar jauh dari adanya polusi yang memang  sangat menganggu kesehatan. Ketika anda brkunjung ke Belanda, kota yang indah tanpa polusi ini sayang kalau dilewatkan. 


Itulah keunikan Giethoorn,  Kota Tanpa Jalan Raya yang sarana transportasi utama jika ingin bepergian hanya melewati sungai menggunakan perahu.
Giethoorn, Kota Tanpa Jalan Raya Giethoorn,  Kota Tanpa Jalan Raya Reviewed by Unknown on 20.15 Rating: 5

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.