Manfaat Daun Putri Malu Untuk Kesehatan


Ada beberapa Manfaat  Daun Putri Malu Untuk Kesehatan tubuh yang perlu kita ketahui dan layak untuk dicoba.  Mengobati serta menjaga kesehatan dengan bahan-bahan yang alami memang sangat disarankan agar tubuh tetap sehat alami tanpa adanya efek samping yang bisa membahayakan tubuh manusia. 

 Gambar tanaman putri malu


asliunik.com
Manfaat  Daun Putri Malu Untuk Kesehatan


Sang pencipta sebenarnya  telah menyediakan berbagai kebutuhan makhluknya yang ada di bumi ini salah satunya tentang berbagai obat untuk kesehatan manusia yang bisa kita dapatkan di alam nan indah ini.  Beragam tanaman yang ada ternyata memiliki manfaat sendiri-sendiri  khususnya bagi kesehatan manusia hanya saja belum diketahui sepenuhnya oleh manusia. Salah satu tanaman liar yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia adalah tanaman putri malu.

Tanaman Putri malu merupakan tanaman liar yang selalu mengerutkan daunnya ketika terkena sentuhan.  Secara biologi, tindakan yang dilakukan tanaman tersebut dikarenakan  timbul kepekaan terhadap suatu rangsangan dari luar. Tetapi secara sifat, tindakan yang dilakukan puttri malu tersebut  dianggap sebagai salah satu sifat tanaman yang pemalu, dan karena hal itu maka diberi  nama putri malu.


Gambar putri malu mengatubkan daunnya saat disentuh


asliunik.com
Manfaat  Daun Putri Malu Untuk Kesehatan

Tanaman putri malu memiliki bentuk daun kecil, lonjong dengan ujung lancip,bunga yang berwarna kemerahan dengan batang yang berduri.  Putri malu ini sensitif dengan sentuhan  sehingga daunnya akan langsung mengatup jika disentuh. Tanaman ini tumbuh liat dihalaman rumah, sawah, kebon, dll yang mudah untuk ditemui  dan memang sudah banyak yang mengenal tanaman ini, namun tak banyak orang yang mengetahui Manfaat  Daun Putri Malu Untuk Kesehatan tubuh manusia.


Keseluruhan anggota dari  tanaman sang  pemalu ini memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan tubuh manusia  baik itu yang masih segar maupun yang sudah dikeringkan. Dari segi medis maupun empiris tanaman ini dapat mengobati serta mencegah berbagai penyakit.  


Tanaman ini memiliki kandungan Tanin, Asam pipekolinat, Mimosin  yang diperlukan dalam menjaga kesehtaan  tubuh. Dan inilah yang perlu anda ketahui inilah  beberapa Manfaat  Daun Putri Malu Untuk Kesehatan.

Manfaat  Daun Putri Malu Untuk Kesehatan tubuh manusia



Susah tidur 


asliunik.com
Manfaat  Daun Putri Malu Untuk Kesehatan



Bagi anda yang memiliki kebiasaan susah tidur, anda bisa melakukan terapi dengan tanaman putri malu ini. Caranya pun terbilang mudah yaitu dengan merebus daun putri malu sekitar 30-60 gram kemudian minum air rebusannya. Memang rasanya sedikit aneh namun jika ingin rasanya sedikit enak bisa anda tambahkan daun sawi langit atau daun callincing pada rebusan dan minum air rebusannya.


Hepatitis



Menurut sebuah riset memang telah diuji bahwa rebusan putri malu juga dapat mengobati  serta mencegah penyakit hepatiitis.  Caranya ambil putri malu sebanyak 15 gram tambahkan 200 cc air kemudian rebus sampai mendidih dan minum air rebusannya secara teratur.


Rematik



Penyakit rematik banyak dikeluhkan orang yang memang sudah berumur tetapi juga anak muda juga sudah mengeluh merasakan sakit  rematik ini. jika anda terkena rematik coba untuk mengobatinya dengan racikan putri malu. Caranya ambil akar putri malu kemudian rendam dengan arak putih sebanyak 500 cc  diamkan hingga 2 minggu setelah itu tempelkan pada bagian tubuh yang sakit. Lakukanlah dengan teratur untuk bisa merasakan hasilnya.


Bronchitis Kronik



Penyakit bronchitis merupakan  penyakit yang menyerang paru-paru.  Bagi anda yang menderita penyakit ini anda bisa melakukan perawatan dengan menggunakan ramuan putri malu ini.  Caranya mudah yaitu siapkan 60 gram akar putri malu, 600 cc air lalu rebus hingga airnya menyusut menjadi 200 cc. Kemudian air rebusan tersebut bisa diminum untuk dua kali dan lakukan dengan teratur agar penyakit bronchitis pergi dari tubuh anda.




asliunik.com
Manfaat  Daun Putri Malu Untuk Kesehatan

Batuk berdahak



Batuk biasanya bertahan cukup lama dan susah untuk diobati, sudah banyak obat dicoba tak kunjung cepat sembuh. Nah, anda bisa mencoba mengobati batuk berdahak  dengan merebus akar tanaman pemalu ini sekitar 10-15 gram lalu minum airnya dnegan rutin.


Manfaat  Daun Putri Malu Untuk Kesehatan  yang lainnya



Selain beberapa manfaat putri malu diatas, tanaman pemalu ini juga dapat mengatasi berbagai penyakit lainnya.  Biji serta akarnya dapat merangsang muntah, sedangkan para penelitian Amerika Serikat  serta indonesia dan pakar pengobatan di Cina mengindikasikan tanaman pemalu dapat berkhasiat mengobati beragam macam penyakit seperti kecing batu, herpes, radang mata akut, panas tinggi. Hal tersebut karena putri malu memiliki kandungan yang bersifat kimiawi, aga dingin, efek farmakologismanis, serta astrigen.


Dan yang perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi  akar tanaman ini tidak boleh melebihi dosis karena pemakaian dosis yang tinggi akan dapa menyebabkan muntah serta keracunan jadi gunakanlah dengan dosis yang tepat.  Dan juga bagi ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi racikan dari tanaman putri malu ini karena bisa menyebabkan kematian pada janin. 


Semoga  informasi kesehatan mengenai Manfaat  Daun Putri Malu Untuk Kesehatan ini bisa bermanfaat bagi kita semua.
Manfaat Daun Putri Malu Untuk Kesehatan Manfaat  Daun Putri Malu Untuk Kesehatan Reviewed by Unknown on 19.00 Rating: 5

1 komentar:

  1. Terimakasih banget infonya sangat membantu.
    selain yang disebutkan diatas ternyata olahan tanaman putri malu juga bisa digunakan menjadi suatu produk kesehatan perawatan luka kaki diabetes (foot spa), inovasi itu berjudul “MimoSpa” yang merupakan hasil penelitian mahasiswa UNAIR --> Produk kesehatan Mimospa

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.