Masjid Termegah di Dunia

Masjid Termegah di  Dunia � Masjid adalah tempat untuk beribadah  umat muslim, namun terkadang diberbagai negara masjid  juga menjadi salah satu tujuan wisata keagamaan. Kemegahan serta keindahannya menjadi daya tarik bagi umat muslim untuk berkunjung ke sebuah masjid tersebut.  Tetapi jika masjid dikembalikan lagi kepada fungsinya, suatu keindahan dan kemagahannya tidak bisa dijadikan salah satu ukuran  yang ideal  untuk sebuah tempat ibadah.

Berikut Masjid Termegah di  Dunia


Masjidil Haram, Mekah


asliunik.com
Masjid Termegah di  Dunia

Masjidil Haram adalah masjid termegah dan terbesar di dunia. Semua  orang mengenal  dan mengetahui masjid tersebut bahkan seisi bumi ini mengetahui bahwa ini adalah tempat untuk beribadah umat Islam. Setiap tahunnya puluhan juta manusia berkunjung untuk  menunaikan haji serta umrah.

Masjidil  Haram ialah sebuah masjid  paling indah di dunia dengan menara pencakar langit serta tiang-tiangnya yang kokoh  dan menakjubkan. Masjid yang dibangun diatas tanah dengan luas 88 hektar mampu memuat jamaahnya hingga 4 juta. Masjid ini terdiri atas 4 lantai dengan 492 tiang pada setiap lantainya dan kesemua daripada tiang-tiang tersebut berlapis marmer.

Majis Nabawi, Arab Saudi


asliunik.com
Masjid Termegah di  Dunia

Masjid Nabawi merupakan  masjid pertama kali yang yang dibangun oleh Rasulullah SAW pada saat beliau hijrah dari Mekah menuju Madinah yang kemudian masjid tersebut menjadi tempat makan Rasulullah beserta sahabat-sahabatnya.

Masjid Nabawi mempunyai 27 kubah yang dapat dipindahkan. Karena masjid ini menjadi tempat makam dari Rasulullah SAW, jadi setiap harinya masjid ini dipenuhi oleh para peziarah untuk menziarahi daripada makan Rasulullah SAW. Dalam Masjid Nabawi terdapat satu kubah ang berwarna hijau yang dinamakan ar-Raw an- Nabawiyah yakni kubah tempat dimakamkannya Rasulullah SAW yang ada di bawahnya.

Masjid Sultan Ahmed, Istanbul, Turki


asliunik.com
Masjid Termegah di  Dunia

Masjid ini dibangun pada tahun 1609 dan 1616 M pada masa pemerintahan Sultan Ahmas 1 dan menjadi masjid Nasional di Turki serta masjid yang bersejarah di Istanbul.  Masjid Sultan Ahmed terkenal dengan masjid biru, hal itu dikarenakan pada dinding serta interiornya dihiasi oleh keramik yang berwarna biru.

Masjid Raya Baiturrahman, Indonesia


asliunik.com
Masjid Termegah di  Dunia

Masjid Baiturrahman berada di Indonesia tepatnya di provinsi Aceh dan menjadi masjid kesultanan Aceh yang dibangun tahun 1612M/1022H oleh Sultan Iskandar Muda. Dari segi sejarah masjid ini memiliki nilai yang sangat tinggi bagi masyarakat Aceh, karena dari jaman Sultan Iskandar Muda hingga saat ini masjid ini tetap berdiri dengan megah di tengah kota Banda Aceh. 

Masjid ini selain digunakan sebagai fungsi utama sebagai tempat untuk beribadah juga menjadi salah satu tempat wisata keagamaan yang ada di Aceh.

Masjid Jamek, Malaysia


asliunik.com
Masjid Termegah di  Dunia

Masjid Jamek yang berada di Kuala Lumpur, Malaysia ini dibangun tahun 1909 dan menjadi masjid paling tua di Kuala Lumpur. Masjid yang terletak pada pertemuan gombak dan klang tersebut adalah tempat asal mula kota kuala lumpur. Arsitektur dari bangunan masjid tersebut  terinspirasi dari sebuah seni bagunan Mogul dari sebelah utara Hindia.

Itulah tadi sebagian dari Masjid Termegah di  Dunia yang tentunya masih banyak lagi masjid-masjid lainnya di berbagai negara.  

Masjid Termegah di Dunia Masjid Termegah di  Dunia Reviewed by Unknown on 18.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.