Manfaat Kurma Untuk Berbuka Puasa

Ternyata Manfaat Kurma Untuk Berbuka Puasa itu sangat luar biasa bagi anda yang sedang melakukan ibadah puasa. Bulan ini seluruh umat muslim di dunia telah menjalankan ibadah puasa di buan ramadhan. Bulan ramadhan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia  karena merupakan bulan suci yang paling istimewa dari bulan lainnya. Pada bulan ramadhan banyak ditemukan ampunan serta pahala dari Allah SWT.

Dalam menjalankan ibadah puasa tidak terlepas dari aktivitas berbuka puasa yang merupakan kegiatan pembatalan puasa ketika tiba adzan magrib dan memasuki tenggelamnya sang fajar. Dalam berbuka dianjurkan untuk menyantap yang manis-manis untuk mengganti energi selama berpuasa serta agar pencernaan dalam tubuh kita tidak kaget  terhadap makanan yang berat.

Buah Kurma


asliunik.com
Manfaat Kurma Untuk Berbuka Puasa

Dalam sebuah hadist dijelaskan bahwa Rosulullah SAW akan berbuka puasa dengan makan buah kurma dan dilanjutkan dengan sholat.  Maka dalam membatalkan puasa dengan berdoa dan makan buah kurma yang segar tetapi jika tidak ada bisa dengan buah kurma yang kering, namun jika memang tidak ada maka dengan meminum air.

Mengapa harus berbuka dengan makan buah kurma? Karena dalam buah kurma mengandung banyak sekali manfaat fisik yakn kaya akan kandungan gula alami. Gula alami tersebut bisa cepat diserap hati dan merubah membentuk energi yang diperlukan oleh tubuh.

Setelah berpusa  seharian tubuh kita membutuhkan asupan energi  dengan cepat  sebelum melakukan sholat magrib sehingga tubuh pun membutuhkan asupan energi untuk bisa mencerna makanan dengan baik.  Jadi jika berbuka langsung makan makanan yang berat itu termasuk salh satu kebiasaan yang kurang sehat karena tubuh dalam keadaan lemah dan sistem pencernaanpun belum siap menerima makanan yang berat-berat.

Untuk itu ketika berbuka mengapa disarankan untuk makan buah-buah segar, yang manis-manis salah satunya kurma karena hal tersebut dapat memulai awal proses pencernaan sekaligus membentuk energi untuk dapat mencerna makanan yang berat selanjutnya.

Buah kurma merupakan sumber dari berbagai mineral  dan vitamin yang sangat penting yang diperlukan oleh tubuh, seperti  natrium alami, kalium, magnesium, zat besi, vitamin A,B,  serta asam folat.


asliunik.com
Manfaat Kurma Untuk Berbuka Puasa

Mengkonsumsi buah kurma selama berpuasa sama halnya dengan mengkonsumsi multivitamin. Dengan makan buah kurma akan menjadikan tubuh lebih sehat dan kuat apalagi ketika melakukan ibadah puasa seperti saat ini. Buah kurma juga menjadi sumber serat yang alami yang baik untuk sistem pencernaan dalam tubuh kita. Selain itu, buah kurma dapat menjaga gangguan parasit serta bakteri pada sistem pencernaan serta lambung.

Sudah dari zaman dahulu buah kurma memang sangat digemari oleh umat muslim yang ada dibelahan dunia ini dan merupakan salah satu makanan yang selalu dimakan oleh Rosulullah SAW. Pada jaman dulu sebelum ilmu pengetahuan belum begitu maju seperti saat ini, umat islam hanya mengetahui jika apa yang telah dicontohkan dan diajarkan oleh Rosulullah SAW merupakan suatu kebaikan bagi umatnya dan umat muslim mengikuti yang diajarkannya tersebut karena memang hal itu adalah sebuah kebaikan.

Saat ini ilmu pengetahuan pun sudah modern dan lebih maju dan memang semua yang telah diajarkan oleh Rosulullah tersebut memang benar adanya. Hingga ilmu kedokteran barat  menyatakan bahwa kurma merupakan makanan yang sangat super dan hampir sempurna.

Cara mengkonsumsi buah kurma yang dilakukan oleh Rosulullah SAW yaitu dengan makan 3 atau 5 butir dan dilanjutkan sholat, setelah itu melanjutkan untuk makan makanan yang berat. Dan hal itu pun juga telah dibenarkan oleh ahli nutrisi.

Nah itulah tadi mengapa Manfaat Kurma Untuk Berbuka Puasa itu sangatlah penting bagi tubuh kita. Dimana tubuh membutuhkan waktu sedikit untuk bisa mencerna buah kurma dan mempersiapkan sistem pencernaan untuk bisa mencerna makanan berat selanjutnya. Jadi jika setelah berpuasa seharian anda berbuka dengan langsung makan makanan yang berat dalan jangka panjang bisa merusak kesehatan  tubuh anda.

Manfaat Kurma Untuk Berbuka Puasa Manfaat Kurma Untuk Berbuka Puasa Reviewed by Unknown on 17.30 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.