Tradisi Ramadhan di Berbagai Negara

Banyak Tradisi Ramadhan di Berbagai Negara  dalam menyambut dan mengisi bulan suci yang penuh berkah tersebut.  Nuansa bulan ramadhan memang telah terlihat di seluruh penjuru dunia tak terkecuali Indonesia sendiri. Mari kita simak berbagai  suasana serta  Tradisi Ramadhan di Berbagai Negara yang sangat kental dan khusuk  dan berbeda berikut ini.

 Berikut beberapa Tradisi Ramadhan di Berbagai Negara


Rusia


asliunik.com
Tradisi Ramadhan di Rusia

Umat mulim yang ada di Rusia setiap harinya harus menempuh waktu berpuasa selama 17 jam lebih lama dari Indonesia yang rata-rata menempuh waktu puasa sekitar 13 jam setiap harinya.  Walaupun memiliki waktu yang lebih lama para masyarakat muslim di Rusia mengisi waktu di bulan suci tersebut dengan melakukan berbagai kegiatan dan makanan khas. 

Ada 20 juta lebih umat muslim yang ada di Rusia biasanya mereka berkumpul di 8000 masjid danketika waktu adzan magrib tiba merreka bersama menyantap galnash yaitu roti gandum  atau khingalsh yaitu roti dengan isian keju.  Umat muslim di Rusia selatan juga memiliki minuman yang khas dan wajib ada ketika bulan ramadhan yakni minuman  hasil dari fermentasi yang disebut dengan kvass  dan minuman tersebut tidak mengandung alkohol.

Tiongkok


asliunik.com
Tradisi Ramadhan di Tiongkok

Kasghar merupakan wilayah umat muslim yang ada di Tiongkok, walaupun suasana ramadhan di tempat ini tak semeriah dengan negara muslim di dunia tetapi masyarakat mulim di sini memiliki cara tersendiri dalam mengisi kegiatan di bulan yang penuh berkah tersebut. Mereka mengisi  acaranya dengan melakukan buka puasa bersama dan merupakan agenda yang wajib mereka lakukan dan hal tersebut menjadi ajang berkumpulnya para warga.

Yordania


asliunik.com
Tradisi Ramadhan di Yordania

Umat muslim di Yordania selama bulan ramadhan biasanya memasang lampu dengan berbagai warna di sepanjang jalan.  Mereka juga memiliki tradisi makan bersama dalam satu meja ketika berbuka puasa baik itu mereka kenal bahkan tidak kenal.  Dalam menyediakan hidangannya, biasanya mereka menyediakan qatayef yakni mirip dengan pancake kayu manis yang diisi dengan gula atau kenari serta mansaf yakni olahan daging domba.

USA

Tradisi umat muslim yang ada di USA  juga mempunyai tradisi dalam mengisi bulan ramadhan yang cukup unik dimana mereka mempunyai cara berbuka puasa yang unik. Pertama mereka berbuka puasa ke masjid untuk potluck yaitu  anjuran kepada siapapun yang kemasjid untuk membawa makanan. 

Yang kedua yaitu mereka melakukan makan bersama dengan tetangga baik itu umat muslim ataupun yang non muslim. Hal tersebut dilakukan di satu rumah berkumpul makan besar ketika tiba waktu berbuka.

Itulah tadi beberapa Tradisi Ramadhan di Berbagai Negara yang unik dan berbeda tetapi tetap dalam satu tujuan dalam menyambut bulan ramadhan yang penuh berkah. Selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankannya

Tradisi Ramadhan di Berbagai Negara Tradisi Ramadhan di Berbagai Negara Reviewed by Unknown on 18.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.