Desa Unik yang Ada di Indonesia

Ada hal yang menarik dari Desa Unik yang Ada di Indonesia karena memilki suatu tradisi yang  memang  berbeda dengan tempat lain. Kehidupan warganya masih sangat tradisional dan memegang budaya yang ada dari nenek moyang terdahulu. Seperti apa hal yang menarik dari Desa Unik yang Ada di Indonesia tersebut.

Berikut Desa Unik yang Ada di Indonesia


Desa Kasuran


asliunik.com
Desa Unik yang Ada di Indonesia

Desa Kasuran ada di Margodadi, kecamatan Sayegan, Sleman ini mempunyai suatu kebuasaan yang cukup unik yakni semua warganya tidur pada ranjang tanpa adanya kasur. Mereka tidur hanya beralaskan tikar pada dipan kayu yang cukup keras. Hal itu mereka lakukan karena adanya tradisi yang telah ada secara turun temurun dari nenek moyang terdahulu. 

Konon, asal muasal tradisi tersebut ceritanya  adalah perintah sunan Kalijaga, pada jaman dahulu salah satu sunan itu pernah snggah untuk beristirahat di desa tersebut. Lalu salah satu warga setempat menyiapkan kasur, dan sebelum berangkat sunan Kalijaga meninggalkan sebuah pesan  jika tidur tidak boleh diatas kasur. Nah, dari situ pesan tersebut menjadi sebuah pesan keramat yang masih tetap dilakukan hingga sekarang dan  tidak boleh dilanggar.

Desa Pengunyah Tanah


asliunik.com
Desa Unik yang Ada di Indonesia

Desa pengunyah tanah benar-benar ada tepatnya di daerah Tuban, Jawa Timur dimana warganya setiap hari selalu mengkonsumsi tanah. tanah sudah menjadi bagian dari  makanan setiap harinya bahkan tanah juga dibuat layaknya kripik snack.  

Mereka meyakini bahwa hal tersebut sebagai makanan herbal yang  baik untuk obat, maka dari itukebiasaan tersebut masih berlangsung hingga saat ini. Tanah yang mereka kunyah tersebut  bahannya hanya tanah  yang ditumbuk tak bercampur dengan bahan lain yang kemudian dipanggang dalam waktu 1 jam.

Desa Kepiting


asliunik.com
Desa Unik yang Ada di Indonesia

Desa kepiting tetapi bukan desa yang banyak kepitingnya atau tempat pengolahan kepiting namun desa yang sebagian besar penduduknya mengalami kelainan pada fisik mereka yaitu kjari tangan serta kaki mereka seakan-akan menyerupai capit kepiting.  Kelainan tersebut tak hanya menyerang pada orang yang berusia lanjut saja, namun juga menyerang anak kecil.  

Warga yang mengalami hal tersebut ada di desa Mario tepatnya di dusun Bone, kecamatan Mare, Bone. Anehnya hal tersebut merupakan suatu kelainan yang mereka anggap biasa yang seolah-olah itu semua karena takdir dan tidak ada juga usaha yang mereka lakukan untuk mengobatinya tetapi warga yang mengalami kelainan tersebut tidak pernah merasa malu.

Desa Idiot


asliunik.com
Desa Unik yang Ada di Indonesia

Desa idiot atau desa keterbelakangan mental berada di desa Pandak, Ponorogo ada sekitar 440 an warganya yang menderita  keterbelakangan mental. Menurut penuturan kepala desa setempat hal itu berawal dari kemiskinan yang cukup besar pada tahun 1970-an dan berakibat pada masyarakat yang kekurangan akan gizi, nutrisi, iodium sehingga terjadinya kebodohan masal.  Awalanya yaitu adanya kemarau yang panjang  sehingga sumber bahan makanan tidak bisa tercukupi.

Nah, itulah beberapa Desa Unik yang Ada di Indonesia yang memang menarik untuk dibahas, jadi kita lebih mengenal keberagaman bangsa di Indonesia ini. semoga artikel ini bisa bermanfaat menambah wawasan kita semua mengenai budaya yang ada di Indonesia.

Desa Unik yang Ada di Indonesia Desa Unik yang Ada di Indonesia Reviewed by Unknown on 19.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.