Rumah Adat Paling Populer di Indonesia

Rumah Adat Paling Populer di Indonesia yang sering kita jumpai dimana-mana dan bahkan tak diketahui namanya. Pada dasarnya Indonesia memiliki rumah adat yang cukup banyak dan unik, namun demikian setidaknya ada yang lebih populer dan bentuknya sudah tidak begitu asing bagi masyarakat.  Rumah Adat Paling Populer di Indonesia tersebut sebagai berikut.

Rumah Adat Paling Populer di Indonesia


Rumah Joglo



asliunik.com
Rumah Adat Paling Populer di Indonesia

Rumah Joglo  sering kita temui di daerah Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jogjakarta dan juga sering muncul di layar kaca televisi. Rumah Joglo mempunyai ciri yang sangat khas yakni atapnya menjulang tinggi dan menyejukkan bagi yang  ada didalamnya. 

Ciri lainnya ialah didalamnya terdapat tiang penopang rumah dari kayu, dengan tiga ruangan dimana ruangan paling depan dinamakan pendopo,  tengah disebut dengan ruang pringgitan, dan ruang belakang.

Rumah Kebaya


asliunik.com
Rumah Adat Paling Populer di Indonesia

Rumah bapang atau rumah kebaya  merupakan rumah adat yang terkenal dari suku betawi dan juga pernah ada di dalam sinetron dahulu yang berjudul si doel anak sekolahan. Rumah kebaya merupakan rumah dengan atap terdapat tumpukan genteng dan jika terlihat dari samping  bentuknya menyerupai dengan kebaya. 

Ciri khusus dari rumah  kebaya tersebut adalah dengan atap yang tinggi yang ujung gentengnya disertai dengan ornament, teras terbuka dan cukup luas diberi pagar  kayu yang tingginya setengah badan dari orang dewasa dan  bangunannya sebagian besar tebuat dari bahan kayu.

Rumah Gadang


asliunik.com
Rumah Adat Paling Populer di Indonesia

Rumah Adat Paling Populer di Indonesia selanjutnya adalah rumah gadang. Jika mendengar nama rumah adat yang satu ini pasti akan merujuk ke tanah minang karena rumah adat ini merupakan rumah adat  dari penduduk Minangkabau yang banyak ditemui di daerah Provinsi Sumatera Barat.  Selain itu rumah adat dari Indonesia ini juga banya di temui di negara tetangga Malaysia.  

Ciri khas dari rumah gadang ini ialah bentuk atap yang cukup runcing dengan atap yang terbuat dari ijuk namun sekarang ini sudah banyak yang memakai seng sebagai atap.

Rumah Kasepuhan


asliunik.com
Rumah Adat Paling Populer di Indonesia

Rumah kasepuhan yang merupakan rumah adat dari Jawa barat yang bentuknya seperti rumah adat Jawa.  Rumah kasepuhan merupakan suatu simbol kehidupan sehari-hari dalam adat istiadat  terdahulu.  Rumah adat ini mengandung  persatuab dabtara Islam, budha, hindu bahkan konfusianisme. Nama Kasepuhan tersebut sebenarnya adalah nama dari keraton kasepuhan atau kerajaan Cirebon. 

Ciri khas  dari rumah adat ini ialah lantainya tidak selalu menyentuh tanah dengan tangga yang sedikit. Saat ini keberadaan rumah adat ini memang sedikit hampir punah karena adanya modivikasi yang lebih modern namun masih ada yang dipertahankan hingga saat ini.

Rumah Tongkonan


asliunik.com
Rumah Adat Paling Populer di Indonesia

Rumah Tongkonan merupakan rumah adat tradisional warga Toraja. Rumah adat  ini keseluruhannya terbuat dari kayu dan tidak memakai paku serta yang uniknya rumah adat ini harus dibangun mengarah ke utara hal tersebut mereka menganggap bahwa asal dari semua arwah adalah dari sebelah utara.  

Ciri khas lain dari rumah adat ini ialah bentuk atapnya melengkung menyerupai perahu dengan atap yang bertutupkan dengan bambu namun, saat ini sudah banyak yang memakai seng,

Itukah tadi beberapa Rumah Adat Paling Populer di Indonesia karena bentuk arsitekturnya yang cukup unik.  Sebenarnya masih banyak rumah adat populer lainnya yang ada di Indonesia seperti rumah adat di Bali, dll. Adanya keunikan dari berbagai rumah adat yang ada di Indonesia bisa menjadi salah satu inspirasi  yang bisa dikembangkan oleh para arsitektur pada desain rumah masa kini. Hal ini dapat dijadikan salah satu cara melestarikan budaya bangsa negara tercinta Indonesia. 

Rumah Adat Paling Populer di Indonesia Rumah Adat Paling Populer di Indonesia Reviewed by Unknown on 19.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.