Tips Tetap Bugar Selama Berpuasa

Berbagi Tips  Tetap Bugar Selama Berpuasa agar anda dapat melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasanya. Selama berpuasa badan atau tubuh tentunya akan memdapatkan sedikit asupan nutrisi daripada pada saat tidak berpuasa. Untuk itu, selama berpuasa tubuh tetap harus dijaga kesehatannya agar tetap fit dan bugar selama berpuasa. 


asliunik.com
Tips Tetap Bugar Selama Berpuasa


Tentunya jika kita tidak menjaga kesehatan tubuh dengan baik selama berpuasa kita pun tidak akan dapat melaksanakan aktivitas dengan baik. Nah, bagaimana agar tubuh kita tetap bugar selama menjalankan indah puasa? Ini ada beberapa Tips Tetap Bugar Selama Berpuasa yang bisa anda lakukan.

Berikut Tips Tetap Bugar Selama Berpuasa


Menu sahur yang berserat

Ketika ingin menjalankan puasa pastinya tidak akan melewatkan makan sahur, nah pada saat makan sahur sebaiknya mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak protein dan serat yang tinggi.  Dan lebih baik anda juga menghindari makanan yang manis pada saat sahur karena dapat membuat merasa cepat lapar di siang hari.

Berbuka dengan makan yang manis


asliunik.com
Tips Tetap Bugar Selama Berpuasa

Ketika berbuka puasa, maka konsumsilah karbohidrat sederhana yang ada di makanan manis. Karena makanan manis mampu memulihkan kembali energi pada tubuh setelah berpuasa sseharian penuh. Ketika berbuka puasa lebih baik hindari minuman bersoda atau pun es karena dapat menjadikan sistem pencernaan tidak berfungsi dengan normal.

Jangan langsung makan berat


Ketika waktu buka puasa tiba dan adzan magrib telah berkumandang, lebih baik jangan segera untuk mekan yang berat seperti nasi beserta lauknya. Namun, awalilah dengan minum yang manis agar  perut tidak begitu kaget  setelah berpuasa seharian.  

Setelah itu istirahatkanlah sebentar sambil melaksanakan ibadah sholat magrib baru setelah itu bisa  dilanjutkan dengan mulai makan berat atau makan besar. Setelah sholat isya dan tarawih anda juga dapat melanjutkan makan cemilan dan beristirahatlah dengan cukup.

Berolahraga


asliunik.com
Tips Tetap Bugar Selama Berpuasa

Selama berpuasa kegiatan berolahraga harus  tetap dilakukan agar sirkulasi darah tetap terjaga dengan baik.  ketika berpuasa pilihlah olahraga yang ringan tidak membutuhkan banyak energi misalanya seperti lari kecil, jalan kaki ataupun hanya sekedar meregangkan otot-otot pada tubuh.

Menghindari makanan instan


Selama berpuasa lebih baik anda menghindari mengkonsumsi makanan instan karena tubuh akan memerlukan waktu yang cukup lama dalam mencerna makanan instan tersebut. Hal itu menyebabkan energi pada tubuh akan banyak yang dikeluarkan dan membuat anda lemas ketika berpuasa. 

Selain itu makanan instan yang sudah dicerna  hanya sedikit yang  dapat tersimpan dalam glikogen. Itulah sebabnya mengapa anda harus menghindari makanan instan pada saat menjalankan ibadah puasa.

Menghindari makanan berlemak


Tips Tetap Bugar Selama Berpuasa selanjutnya adalah menghindari makanan yang berlemak misalnya makanan bersantan, gorengan karena makanan berlemak tersebut susah untuk dicerna oleh tubuh. Jadi, tubuh akan jauh lebih banyak mengeluarkan cairan dan menyebabkan tubuh lenbih mudah lesu.

asliunik.com
Tips Tetap Bugar Selama Berpuasa


Itulah tadi beberapa Tips Tetap Bugar Selama Berpuasa yang bisa anda coba agar puasa anda tetap lancar dan tubuh bugar  tidak cepat lelah, lesu selama melaksanakan puasa. Selamat mencoba dan selamat berpuasa bagi yang menjalankannya.

Tips Tetap Bugar Selama Berpuasa Tips Tetap Bugar Selama Berpuasa Reviewed by Unknown on 18.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.