Misteri Gunung Merapi

Sering kita mendengar adanya  cerita Misteri Gunung Merapi dengan berbagai mitos yang ada. Gunung merapi terletak di perbatasan antara Yogyakarta dan Jawa Tengah ini merupakan gunung api yang aktif erupsi yang terkenal di Indonesia.  Selain itu gunung merapi ini juga  dikenal dengan beragam mitos yang ada.  

Gunung Merapi


asliunik.com
Misteri Gunung Merapi


Dari segi dunia mistis, gunung ini diyakini sebagai pusat dari kerajaan jin yang ada di Indonesia dan juga ada anggapan bahwa gunung ini masih memiliki kaitan dengan laut selatan jawa yang sangat erat.  Ada beberapa tempat di gunung ini yang  memang dianggap angker atau horor baik dari lereng gunung sampai ke kawah di puncak gunung.  Nah sebelum mengulas lebih lanjut mengenai Misteri Gunung Merapi, terlebih dahulu mari mengenal profil Gunung merapi tersebut. 

Gunung merapi terletak di daerah Kabupaten Sleman, kabupaten Boyolali, Kabupaten Klaten, serta Kabupaten Magelang dengan ketinggian 2.968 mdpl.  Kawasan hutan yang ada di sekitar puncak gunung diresmikan menjadi Taman Nasional Gunung Merapi mulai tahun 2004.  

Letusan Gunung Merapi


asliunik.com
Misteri Gunung Merapi


Gunung merapi ini merupakan salah satu gunung api di dunia yang paling aktif. Menurut data  yang ada bahwa gunung merapi sejak tahun 1548 meletus 68 kali. Menurut dari beberapa ahli, gunung tersebut  bisa mengalapi erupsi atau meletus  setiap 2 sampai 5 tahun sekali. 

Beberapa Tempat Angker Gunung Merapi


Gunung merapi mempunyai beberapa tempat yang memang dianggap sangat angker. Tempat  itu membentang dari lereng, hutan, hingga ke puncak merapi. Masyarakat sekitar tetap menghormati  tempat-tempat yang ada di gunung merapi tersebut dan dengan adanya larangan bahwa masyarakat dilarang mengambil rumput, menebang pohon, memindahkan, merusak benda yang ada di tempat tersebut.  

Selain adanya larangan diatas , di gunung tersebut juga  melarang berbuat serta berbicara yang tidak baik.  Nah, jika melanggarnya akan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Dan inilah beberapa  tempat yang menyimpan Misteri Gunung Merapi yang sangat angker.

Pasar Bubrah


Pasar bubrah merupakan salah satu tempat  yang terkenal karena menyimpan misteri yang sangat angker.  Pasar bubrah adalah sebuah bukit yang ada di bawah kawah gunung merapi yang banyak dengan batuan dari sisa letusan serta lokasinya yang datar dan juga ada pepohonan yang besar nan tinggi. 

Pasar bubrah dengan kawah merapi hanya berjarak sekitar 1km sehingga sering menjadi tempat untuk beristirahat bagi para pendaki.  Di tempat ini tak sedikit para pendaki juga mendirikan tenda  sebagai tempat istirahat atau bermalam dan keesokan harinya bisa menikmati indahnya matahari terbit. Nah, pada malam hari itu biasanya para pendaki yang bermalam di tempat ini sering mendengar suara yang cukup riuh. 


asliunik.com
Misteri Gunung Merapi

Suara riuh yang terdengar tersebut layaknya sebuah aktifitas masyarakat sedang melakukan jual beli  di pasar, selain itu juga terdengar  alunan suara gending jawa dan gamelan di tengah keriuhan tersebut.  Warga sekitar menganggap bahwa batuan yang berserakan di tempat ini adalah warung lengkap dengan meja makan dari makhluk halus yang berkunjung ke pasar itu.

Para pendaki yang bermalam di lokasi pasar bubrah juga ada yang pernah melihat adanya sosok penampakan dari makhluk halus.  Penampakan yang terlihat seperti  wanita bergelantungan dibukit yang berambut panjang, ada yang menyamar menjadi pendaki lengkap denga atributnya tetapi jalannya melayang. Sosok ciri khas keraton jawa juga seing telihat di tempat ini seperti nyai sinden  yang berpakaian  khas tradisional serta penjaga keraton hingga pasukan perang lengkap dengan alat perangnya.

Kawah Merapi dan Gunung Wutoh


asliunik.com
Misteri Gunung Merapi

Gunung wutoh juga menjadi tempat yang dianggap memiliki mistis yang sangat angker. Lokasi ini dianggap menjadi pintu gerbang utama untuk menuju ke keraton merapi yang ada di kawah puncak merapi.  Warga setempat meyakini bahwa gunung wutoh dijaga makhluk gaib yaitu nyai gadung melati.

Nyai gadung melati  adalah pimpinan dari keraton merapi serta mempunyai tugas untuk   melindungi hewan ternak serta lingkungan di lokasi ini.  Sosok nyai tersebut sering muncul dalam mimpi warga yang ada di wilayah gunung merapi dengan memakai pakaian  dengan warna hijau daun melati. Nah, warga setempat menganggap bahwa mimpi tersebut menandakan  bahwa dalam waktu dekat akan ada letusan dari gunung merapi.

Keraton Merapi


Keberadaan keraton merapi  telah ada dari jaman keraton  Mataram dulu, namun  yang membedakan keraton merapi dikendalikan dan dihuni dari bangsa jin. Pada jaman dahulu keraton merapi memang diketahui mempunyai hubungan yang dangat erat dengan keraton mataram.  Ada suatu cerita bahwa keraton merapi memberikan bantuan atau membantu keraton mataram dalam rangka mengalahkan kerajaan Pajang  yang dilakukan dengan cara membunuh pasukan dari kerajaan pajang melalui letusan-letusannya. 

Keraton merapi ini mempunyai beberapa tokoh yang namanya sudah cukup populer di telinga masyarakat setempat seperti  Eyang merapi yang merupakan pemimpin atau raja dari makhluk halus yang tinggal di keraton merapi.  Eyang Sapu Jagad, dia adalah penunggu kawah merapi dan pengambil keputusan meletus tidaknya merapi. Eyang sapu jagad mempunyai dua panglima yaitu kyai grinjing kawat serta kyai grinjing wesi.

Eyang Megantara adalah tokoh pemuka yang mendiami puncak merapi bertugas mengawasi sekitar merapi dan mengendalikan cuaca. Nyai Gadung Melati, ia adalah pemimpin keraton dari pasukan wanita yang bertugas menjaga binatang ternak serta kesuburan tanah yang ada di wilayah merapi. Masih ada beberapa tokoh terkenal lainnya seperti kyai petruk, eyang antaboga, kyai sapu angin, kyai wola wali, serta kartadimejo yang kesemuanya itu memiliki tugas masing-masing.

Selain tempat-tempat yang menyimpan mistis yang angker diatas, di gunung merapi ini masih banyak menyimpan tempat angker lainnya seperti bukit turgo, muncar, ringin putih, watu gajah, telaga putri, plawangan, goa jepang, umbul temanten serta bebeng.  Dan juga beberapa hutan yang mempunyai aura mistis yang begitu kuat yaitu hutan blumbangan,  pijen, hutan bingungan dan gamelan, serta  patuk alap-alap. 

Itulah beberapa Misteri Gunung Merapi yang diperbincangkan oleh banyak orang. Namun, ada yang mempercayai adanya mitos tersebut dan juga ada yang beranggapan itu semua hanya sekedar mitos belaka.  Orang yang beranggapan hal itu adalah hanya sebatas mitos biasanya melihat adanya fenomena yang terjadi dari sisi ilmiah.

Keberadaan tempat-tempat yang angker bisa dianggap sebagai salah satu cara nenek moyang agar tidak melakukan kerusakan terhadap alam seperti larangan menebang pohon, merusak benda yang ada dilokasi dll. Kalau mengenai makhluk halus itu menjadi pemikiran dari pribadi amsing-masing apakah itu hanya halusinasi atau yang lainnya karena memang makhluk halus itu ada. 

Dan kesemuanya itu tergantung kepada masing-masing individu untuk percaya atau tidaknya dalam menganalisa  mengenai Misteri Gunung Merapi yang memang populer dengan beragam cerita mistisnya.  Jadi sahabat unik semua harus tetap menghormati dan menjaga memelihara alam agar selalu selamat dari hal-hal yang tidak kita inginkan.

Misteri Gunung Merapi Misteri Gunung Merapi Reviewed by Unknown on 19.00 Rating: 5

1 komentar:

  1. http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/11/media-asing-ingatkan-indonesia-soal.html
    http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/11/terjebak-erupsi-wisatawan-asing-gratis.html
    http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/11/prihatin-soal-rudal-china-ajak-korut.html

    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At murnivip .com ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : D8809B07 / 2B8EC0D2
    - WHATSAPP : +62813-2938-6562
    - LINE : DOMINO1945.COM
    - No Hp : +855-8173-4523

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.