Hutan Kota Paling Indah di Dunia

Hutan Kota Paling Indah di Dunia merupakan sekumpulan pepohonan  yang tumbuh ditengah kota  atau dipinggir kota. Hutan kota merupakan hutan yang  sengaja dibuat dalam rangka untuk memperbaiki kondisi lingkungan perkotaan yang kurang akan penghijauan. Karena kebanyakan kota dipenuhi dengan gedung-gedung, pemukiman, dll Hal ini membuat suasana perkotaan menjadi panas serta pemandangan hijau kurang bisa dinikmati.

Peran hutan kota sangatlah penting demi terjaganya keseimbangan ekologi manusia diberbagai aspek misalnya  sebagai pelindung panasnya pancaran sinar matahari, kebersihan udara,  ketersediaan air tanah,  terjaganya kehidupan satwa dikota serta juga bisa digunakan sebagai area wisata. Selain itu keberadaan hutan kota juga mampu mengurangi adanya cuaca yangkurang bersahabat seperti, mengurangi terjadinya banjir,  mampu mengurangi efek pemanasan global, dll.

Jadi keberadaan hutan kota sangat penting sehingga membuat suasana perkotaan menjadi lebih hijau, indah, adem.   Dibeberapa negara di dunia ini menerapkan adanya hutan kota untuk memperindah suasana kota mereka. Berikut beberapa negara yang memiliki  Hutan Kota Paling Indah di Dunia.



Garden by the bay - Singapura

 

beritanewsindo.blogspot.com
Hutan Paling Indah di Dunia

Hutan Kota Paling Indah di Dunia yang pertama yaitu hutan kota ini merupakan hutan buatan yang membentang di wilayah Marina Bay Singapura dengan luas 101 hektar.  Di hutan kota ini terdapat kurang lebih 500.000 jenis pohon dengan ukuran besar dan tingginya  yang berbeda-beda.  Hutan kota ini dibuka pada tahun 2012 yang hingga kini telah dikunjungi lebih dari 10 jt pengunjung.  Hutan kota menjadi bagian dari suatu perubahan negara Singapura sebagai kota global holistik. 

Stanley Park- Kanada

 

beritanewsindo.blogspot.com
Hutan Paling Indah di Dunia

Hutan kota ini berada di wilayah Vancouver, Kanada dengan luas 405 hektar yang dibuka sejak tahun 1988 sebagai tempat tumbuhnya hutan kudus yang sangat rimbun. Selain  itu di hutan ini juga terdapat beberapa hewan yang hidup disini seperti anjing laut, elang botak, berang-berang serta sekitar 500 satwa liat yang lainnya yang hidup dihutan ini. Hutan kota ini juga ditumbuhi sebuah pohon yang telah berumur 800 tahun yaitu pohon western red cedar dengan ketinggian 200 kaki.


Boston Common � Massachusetts AS

 

beritanewsindo.blogspot.com
Hutan Kota Paling Indah di Dunia

Hutan kota Boston Common yang seluas  20 hektar ini  menjadi salah satu hutan kota yang usianya sudah tua di AS. Sebelum menjadi hutan kota tempat ini menjadi tempat berkumpul masyarakat umum, sebagi tempat untuk merumput  pakan hewan ternak,  dan pernah juga digunakan sebagai kamp para pasukan Inggris ketika menjelang terjadinya revolusi Amerika. 

Park Garden � Jepang

 
beritanewsindo.blogspot.com
Hutan Kota Paling Indah di Dunia

Park Garden dibuat diatas stadion osaka, Jepang dengan berbagai jenis tanaman sekitar 500 jenis varietas.  Terdapat sesuatu yang unik dalam hutan kota yang satu ini yakni urban farm dimana adanya kemungkinan bagi masyarakat untuk ikut serta untuk mengelola  hutan kota dengan adanya support yang diberikan oleh manajemen pengelola hutan kota tersebut mulai dari menanam hingga memanen hasil dari tanaman.

Nah itu tadi sederet sebagian Hutan Kota Paling Indah di Dunia dan masih banyak hutan kota lainnya diberbagai negara didunia. Adanya hutan kota sangat berperan penting demi kelangsungan lingkungan perkotaan yang sangat minim dengan adanya penghijauan. Mari kita selamatkan lingkungan mulai sekarang.
Hutan Kota Paling Indah di Dunia Hutan Kota Paling Indah di Dunia Reviewed by Unknown on 21.30 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.