Bendungan DAM Terbesar di Dunia

Bendungan  DAM  Terbesar  di  Dunia � adanya ketersediaan air yang sangat melimpah didaratan negara-negara di dunia termasuk Indonesia mendorong adanya upaya untuk mendirikan Pembangkit Listrik Tenaga Air yang sangat besar agar mampu menghasilkan kapasitas energi listrik yang besar pula.  Sehingga banyak PLTA dibangun pada lahan yang sangat luas, hingga masuk pada deretan pembangunan Bendungan  DAM  Terbesar  di  Dunia.

Untuk bisa menghasilkan energi listrik dengan maksimal, stabil serta ramah lingkungan, pembangunan PLTA  terbesar tersebut juga harus  menggunakan alat pengubah energi atau konventer dengan  teknologi yang sangat canggih dengan jumlah yang cukup banyak.

Nah, berikut ini merupakan Bendungan  DAM  Terbesar  di  Dunia berperan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air yang paling besar serta menghasilkan energi listrik paling besar di dunia.

Grand  Coulee

 
beritanewsindo.blogspot.com
Bendungan  DAM  Terbesar  di  Dunia

PLTA grand coulee merupakan dam paling besar di Amerika Serikat  yang memiliki panjang 1,6 km dnegan lebar 503m, DAM  ini berada di sungai Columbia.  PLTA ini dibangun diketinggian 115 mdpl dan bagian perairannya mampu menampung semua piramida besar yang ada di Giza.

PLTA ini dapat menghasilkan daya mencapai 6.809 megawatt, daya tersebut dihasilkan dari tiga pembangkit  besar yang mampu menampung 30 turbin yang dikenal mempunyai efisiensi sangat tinggi yaitu turbin tipe francis. Sedangkan satu turbin yang berada ditengan DAM  yang memiliki kapasitas mencapai 805 megawaat setiap unitnya masih dalam proses pembangunan yang diperkirakan selesai sekitar tahun 2017.

Tucurui

 
beritanewsindo.blogspot.com
Bendungan  DAM  Terbesar  di  Dunia

Dam PLTA terbesar selanjutnya  yaitu DAM beton yang membentang  sepanjang 12km dengan tinggi 78m yang berada di sepanjang sungai Tocantin Brazil.  Dam ini mulai dibangun tahun 1975 yang selesai pada tahun 2010  dengan menghabiskan biaya sekitar Rp 64 triliun.  Biaya yang dikeluarkan akan terbayarkan oleh performanya yang dapat  menghasilkan 8.370 megawatt energi listrik. 

Pembangunan tahap pertama  menghasilkan 14 unit pembangkit berkapasitas 330 megawatt,  sedangkan di tahap kedua  mampu menghasilkan pembangkit baru dengan total 11 unit yang berkapasitas 370 megawatt per  unitnya.  Pembangunan DAM ini  menjadi PLTA terbesar pertama yang ada di hutan amazon. Dalam memproduksi energi listrik setiap per detiknya ada sebanyak 110.000m2 air hal ini tentunya dengan menggunakan sistem kontol yang sangat canggih.

Guri

 
beritanewsindo.blogspot.com
Bendungan  DAM  Terbesar  di  Dunia

Guri  merupakan salah satu dam terbesar  selanjutnya yang berada Venezuela tepatnya disungai Caroni dengan pangjang 7,5m  dengan ketinggian mencapai 162m. Sebagian besar kebutuhan listrik di Venezuela telah di suplai oleh PLTA dari dam guri ini.  Terdapat 20 turbin yang berkapasitas 770 megawatt dapat menghasilkan energi listrik mencapai 20.000 megawatt.

Desain dari dam ini terbilang cukup unik, disalah satu bagian dari ruang pembangkit mempunyai  warna yang sangat indah. Dan juga  ada sebuah patung kinetis yang sangat besar  hal ini menambah keindahan di PLTA ini. 

Itaipu

 

beritanewsindo.blogspot.com
Bendungan  DAM  Terbesar  di  Dunia

Dam Itaipu dibuat  diatas sungai perana  yang berada antara perbatasan Paraguay dan Brasil, dam ini juga merupakan hasil kerjasama proyek di dua negara tersebut yang memiliki tinggi sama dengan gedung  dengan 65 lantai. PLTA ini dapat menghasilkan daya mencapai 14.000 megawatt dan merupakan dam yang berkapasitas paling besar kedua di dunia. 

PLTA ini dapat menyuplai kebutuhan energi litrik di Brasil sebesar 17,3% serta di Paraguay sebesar 72,5%. Dam yang berharga Rp 227 triliun ini ditahun  2000 dapat menghasilkan 90.000 megawatt lebih energi listrik. Terdapat 20 generator yang ada di bagian dalam dam yang berkapasitas 700megawatt setiap unitnya.

Three Gorges

 

beritanewsindo.blogspot.com
Bendungan  DAM  Terbesar  di  Dunia
Dam Three Gorges dibangun di China yang selesai tahun 20012 ini sebagai pemegang rekor PLTA yang dapat menghasilkan sumber energi litrik paling besar di dunia yaitu hingga 22.500 megawatt.  Dam ini dibangun di sungai Yangtze yang diprediksi  dapat bertahan hingga 70 tahun. Dam ini berukuran panjang 2,3 km dengan tinggi 181m dengan jumlah turbinnya ada 32 unit yang berkapasita 700 megawatt setiap unitnya serta terdapat 2 unit turbin tipe francis yang berkapasitas 50 megawatt per unitnya. 

Three  gorges bukan hanya dam saja melainkan berperan untuk mencegah banjir dan untuk memenuhi kebutuhan  lalu lintas di perairan, hal iini dikarenakan sungai tersebut  mempunyai jalur internal yang bisa dilintasi oleh beberapa kapal feri. Namun demi membangun dam PLTA yang menelan biaya Rp 302 triliun ini harus rela menenggelamkan 3 desa yang ada disekitar dan warga dari tiga desa itu harus direlokasikan ke tempat yang lain.

Itu lah beberapa deretan  Bendungan  DAM  Terbesar  di  Dunia yang sungguh menakjubkan.
Bendungan DAM Terbesar di Dunia Bendungan  DAM  Terbesar  di  Dunia Reviewed by Unknown on 22.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.