Bahaya Penggunaan Headset Pada Kesehatan

Bahaya Penggunaan Headset Pada Kesehatan perlu diwaspadai karena dapat berakibat fatal.  Penggunaan headset memang sangat membantu ketika menerima telfon atau sekedar untuk mendengarkan musik. Jika penggunaan headset dilakukan secara terus menerus maka akan mengganggu pendengaran. 

Pendengaran merupakan indera yang sangat berperan penting bagi kita. Telinga selain sebagai alat penyeimbang tubuh tentu diperlukan untuk menyaring suara yang masuk ke tubuh sehingga kita akan mendengarkan suara dengan baik dan selayaknya untuk dijaganya. Jika pendengaran tak bisa berfungsi secara baik maka kinerjanya akan menurun karena indera yang satu ini merupakan organ vital bagi manusia.


 Gambar memakai headset


beritanewsindo.blogspot.com
Bahaya Penggunaan Headset Pada Kesehatan


Saat ini banyak kebiasaan yang dapat menganggu pendengaran salah satunya dengan cara melakukan percakapan telefon, mendengarkan musik baik dari perangkat MP4/MP3, PSP, hadphone dengan memakai headset.  Memang hal tersebut  cenderung lebih mudah dan praktis serta suaranya juga lebih bagus. Tetapi yang perlu diketahui jika kebiasaan memakai headset secara berlebih dapat menimbulkan beerbagai penyakit.



Akibat dari Bahaya Penggunaan Headset Pada Kesehatan anda, inilah ulasannya secara rinci




Kerusakan Telinga Permanen 


beritanewsindo.blogspot.com
Bahaya Penggunaan Headset Pada Kesehatan

Pemakaian headset secara berlebihan akan merusak telinga, hal ini diakibatkan karena timbulnya suara yang keras dari headset dapat menyebabkan pecahnya gendang pada telinga. Hal ini dapat menimbulkan penurunan kerja telinga dan bahkan bisa menjadi tuli.


Kehilangan Pendengaran

Banyak orang yang menikmati alunan musik menggunakan headset dengan volume yang sangat tinggi, memang merasa asyik jika mendengar musik dengan suara tinggi tapi hal ini dapat memberikan potensi untuk  cepat kehilangan pendengaran. Lebih baik mendengarkan dengan volume yang sedang serta sesekali memberikan jeda agar telinga bisa istirahat.  Suara keras yang terus menerus dari headset dapat memicu  terjadinya kerusakan telinga secara permanen.



beritanewsindo.blogspot.com
Bahaya Penggunaan Headset Pada Kesehatan


Menurunnya Jarak Pendengaran

Pemakaian headset juga dapat memicu menurunnya kemampuan pendengaran.  Jika sebelum kebiasaan memakai headset biasanya bisa mendengar suara dari jauh, maka setelah kebiasaan pemakaian headset hanya bisa mendengarkan suara yang jelas dari jarak dekat saja. Hal ini karena  adanya perubahan jarak pendengaran anda. 


Kerusakan Pada Otak

 

beritanewsindo.blogspot.com
Bahaya Penggunaan Headset Pada Kesehatan

Pada headset terdapat pancaran gelombang elektromagnetik  dan radiasi yang dihasilkan  dapat menyebabkan kerusakan pada otak.  Hal ini telah dibuktikan melalui uji coba pada tumbuhan dan tikus.  Tumbuhan akan perlahan layu jika terkena paparan suara musik yang sangat keras  setiap hari dan tanaman itu akan lebih cepat tumbuh dan berkembang jika ada stimulisasi yang sangat positif dari alunan musik yang sangat lembut. Sedangkan otak pada tikus akan rusak karena adanya pengaruh  gelombang radiasi yang dihasilkan dari headset.


Infeksi Pada Telinga

 
beritanewsindo.blogspot.com
Bahaya Penggunaan Headset Pada Kesehatan


Bahaya Penggunaan Headset Pada Kesehatan yang terakhir  yaitu dapat mengakibatkan infeksi telinga, karena cara pemakaiannya yang langsung masuk pada rongga telingga.  Terlebih lagi jika kondisi headset yang dipakai kondisinya tidak bersih maka  semakin besar pula potensi untuk terkena radang dalam rongga telinga. 

Lebih baik jaga pemakaian headset serta jaga kondisinya agar tetap bersih, terlebih lagi jangan dipinjamkan ke orang lain. Jika sudah berpindah dari telinga satu ketelinga lain ditakutkan bakterinya juga akan berpindah.  Ketika telinga sudah terinfeksi maka akan timbul rasa gatal serta pendengarannya juga terganggu. 

Nah itu tadi beberapa Bahaya Penggunaan Headset Pada Kesehatan yang harus anda ketahui, karena menjaga kesehatan itu sangat penting. Dengan sehat semua aktifitas akan bisa berjalan dengan baik. Bagi yang suka memakai headset lebih baik untuk menguranginya sebelum bahay itu terjadi dan tetap bisa menikmati anugerah Yang Kuasa ini. Semoga bermanfaat dan baca juga artikel ini 5 Bahaya Penggunaan Smartphone
Bahaya Penggunaan Headset Pada Kesehatan Bahaya Penggunaan Headset Pada Kesehatan Reviewed by Unknown on 22.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.