Gempa Paling Dahsyat di Dunia

Gempa Paling Dahsyat di Dunia Merupakan Fenomena Bencana Alam yang tidak bisa diprediksi kapan datangnya. Dalam Ajaran Islam, gempa merupakan salah satu tanda tanda kiamat sughro. Dari kiamat kecil itu semakin lama semakin besar dan mampu mengoyak isi bumi ini. Jika ditilik Gempa Paling Dahsyat di Dunia ini menjadi bencana alam yang sangat banyak memakan korban jiwa  hingga bangunan hancur rata dengan tanah. Berbagai gempa berikut ini seharusnya menyadarkan manusia bahwa tidak ada yang abadi di dunia ini.

Gempa Nepal 2015


www.asliunik.com
Gempa Paling Dahsyat di Dunia

Dampak dari guncangan gempa paling dahsyat ini selain mengakibatkan banyaknya korban jiwa  juga  mengakibatkan banyak yang kehilangan keluarga  seperti di aceh banyak yang hilang karena terbawa oleh dahsyatnya arus tsunami, dan juga kehilangan tempat tinggal.

Gempa yang mengguncang Nepal  kemaren merupakan salah satu  Gempa Paling Dahsyat di Dunia dan dalam satu abad terakhir ini juga  kamu kumpulkan ada beberapa Gempa Paling Dahsyat di Dunia yang mampu meluluh lantahkan  wilayah yang diterjang gempa tersebut. 

Berikut ini beberapa Gempa Paling Dahsyat di Dunia yang telah menggunjang bumi terjadi  pada satu abad terakhir.

Gempa Aceh  Tahun 2004

 

www.asliunik.com
Gempa Paling Dahsyat di Dunia

Gempa Aceh,  Indonesia terjadi pada tanggal 26 Desember 2004 dengan kekuatan gempa yang sangat dahsyat yaitu 9,1 SR. Gempa yang terjadi pada pulau di ujung sumatera ini karena  gesekan lempeng tektonik ini telah memakan korban jiwa hingga 227.898 orang, serta banyak orang hilang karena terseret derasnya arus tsunami menjapai 1,7 juta orang hingga terseret  ke 14 negara sekitar Timur Afrika dan 14 negara sekitar ASEAN.

Gempa yang mengakibatkan tsunami  di Melaboh, Aceh pada 2004 ini merupakan salah satu bencana alam yang paling parah ke-3 di dunia  semenjak tahun 1900.  Januari 2005, Indonesia mencatat korban jiwa karena gempa Aceh sebanyak 286.000 dan yang belum ditemukan sebanyak 50.000 orang.

Gempa Haiti  Tahun 2010

 

www.asliunik.com
Gempa Paling Dahsyat di Dunia

Gempa  paling dahsyat berlokasi di Karibia yang mengunjang pusat kota Haiti yang terjadi pada tanggal 12 Januari  2010. Gempa dahyat  dengan kekuatan 7,0 SR tersebut menyebabkan banyak korban berjatuhan yakni ada 3000 orang korban luka, korban orang hilang mencapai 1,3 juta, 4 meninggal karena terbawa arus tsunami,  adanya kerusakan pada dermaga mencapai 188,383 serta rumah yang rusak ada 97.249 rumah.  

Terjangan gempa tersebut membuat hampir 1,5 juta jiwa  yang kehilangan tempat tinggal. Namun, penanganan adanya bencana tersebut tak banyak mendapat sorotan,  membuat banyak penduduk  selama lima tahun setelah terjadinya gempa dahsyat itu hidup dengan tempat tinggal yang kurang layak untuk ditempati.

Gempa Tangsan Tahun 1976

 

www.asliunik.com
Gempa Paling Dahsyat di Dunia

Pada tanggal 27 Juli 1975 terjadi di Tiangshan, China dengan  guncangan gempa yang berkecepatan 7,5 SR.  Akibat gempa yang sangat dahsyat itu membuat banyak kerusakan yang terjadi hingga sampai ke kota Beijing. Pada empat abad terakhir gempa yang mengguncang ini merupakan bencana alam paling parah dengan skala kerusakannya menempati urutan ke tiga paling parah di dunia. 

Menurut data resmi  yang bersangkutan telah mencatat bahwa  ada 255.000 korban jiwa, namun estimasi mencatat ada 655.000 korban jiwa akibat dari bencana terdahsyat ini.

Gempa  Ashgabat Tahun 1948

 
www.asliunik.com
Gempa Paling Dahsyat di Dunia

Gempa yang terjadi di Ashgabat, Uni Soviet yang berkekuatan 7,3 SR dan bencana alam ini terjadi pada tanggal 6 Oktober 1948.  Informasi mengenai jumlah adanya korban jiwa sempat ditutupi oleh  pihat resmi setempat dan menurut informasi dari  beberapa sumber   tercatat ada sekitar 10 ribu sampai 176 ribu jiwa.  

Akhirnya pada tanggal 9 Desember tahun 1988 terlah dibuka oleh pihak resmi setempat bahwa tercatat ada tambahan  110 ribu korban jiwa. Akibat gempa dahsyat itu juga telah merusak struktur kota, bangunan,  serta jalur kereta api.

Gempa Haiyuan Tahun 1920

 

www.asliunik.com
Gempa Paling Dahsyat di Dunia

Gempa Haiyun, China yang juga dinamakan Gempa Gansu ini terjadi tanggal 16 desember 1920 dengan kekuatan goncangan gempa 7,8 sampai 8,5 SR. Gempa ini merupakan salah satu bencana alam yang terparah di dunia. Akibat gempa terdahsyat ini ada banyak korban jiwa yang mencapai 830 ribu. 

Nah itulah tadi Sahabat Unik berbagai Gempa Paling Dahsyat di Dunia yang meluluh lantahkan semuanya, semoga tidak akan ada lagi bencana alam yang begitu dahsyat seperti diatas maka dari itu sebisa mungkin kita harus menjaga alam dengan baik agar alam tidak marah sehebat itu.
Gempa Paling Dahsyat di Dunia Gempa Paling Dahsyat di Dunia Reviewed by Unknown on 20.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.