5 Bahaya Penggunaan Smartphone

Smartphone atau gadged atau ponssel pintar sudah menjadi salah satu alat telekomunikasi yang sudah tak asing lagi bagi banyak orang.  Penggunaan smartphone  sangat meningkat dengan pesat dari hari ke hari bahkan  alat ini sudah menjadi sesuatu yang wajib untuk dimiliki. Beragam aplikasi dan fitur yang terdapat pada smartphone membuat sang pemilik untuk selalu menggenggamnya disetiap saat. Tapi tahukah anda bahwa hal itu dapat menimbulkan masalah yang membahayakan kesehatan, lalu apa saja  Bahaya Penggunaan Smartphone tersebut?



memakai smartphone
Bahaya Penggunaan Smartphone


Kecanggihan smartphone ini  dapat memudahkan pekerjaan seseorang, karena dengan genggaman smartphone ditangan  mampu mengerjakan bisnis online, pekerjaan kantor  atau yang lainnya dengan sangat mudah dan bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun.  

Dengan smartphone digenggaman tangan mampu melihat dunia yang mungkin dulunya hanya bisa dilakukan dengan komputer atau laptop. Hal ini yang menjadikan keberadaan smartphone diburu oleh banyak orang diseluruh dunia tak terkecuali Indonesia. Namun, pemakaian smartphone secara berlebihan memiliki dampak yang tidak baik bagi kesehatan tubuh.  Ini lah 5 Bahaya Penggunaan Smartphone yang harus anda ketahui.

Kesehatan Mata Terganggu

 

beritanewsindo.blogspot.com
5 Bahaya Penggunaan Smartphone

Penggunaan smartphone dengan waktu yang lama akan merusak organ mata misalnya mata kabur, mata lelah, serta menjadikan mata kering. Jika anda tidak ingin mata anda mengalami hal-hal tersebut anda bisa mengatasinya misalnya dengan  menyesuaikan ukuran huruf yang nyaman,  sesekali mengalihkan penglihatan,  sering berkedip, serta  atur kecerahan cahaya pada smartphone anda.

Terjadinya kram jari serta peradangan

Jari, siku, pergelangan tangan adalah daerah utama yang dikorbankan dalam pemakaian smartphone secara berlebihan akan  mengakibatkan kram pada jari, serta timbulnya resiko peradangan pada sendi-sendi tangan anda. Solusinya agar tehindar dari hal tersebut yaitu hindari pemakaian smartphone secara berlebihan,  setelah memakai smartphone lakukan peregangan pada jari, siku, serta pergelangan tangan anda.



beritanewsindo.blogspot.com
5 Bahaya Penggunaan Smartphone

Terjadinya Pegal Pada Punggung Serta Leher

Kebanyakan orang menggunakan smartphone dengan posisi badan menunduk , jika dilakukan dengan lama  dapat menyebabkan rasa nyeri pada  punggung dan leher. Cara mengatasinya yaitu memegang  smartphone sejajar dengan kepala hal  ini dapat menghindari timbulnya nyeri pada punggung dan kepala anda, jika sudah terasa nyeri lebih baik untuk beristirahat sejenak.

Timbulnya Gejala Nomophobia


Nomophobia adalah perasaan takut  dalam menjalani hidup  bila tanpa adanya smartphone pada genggaman tangan.  Hal ini dapat diatasi yaitu dengan meletakkan smartphone ditas jangan disaku agar anda tidak keseringan untuk mengeceknya, serta sebisa mungkin menghindari pemakaian smarphone minimal satu sehari, bisakah anda sehari tanpa smartphone?

Merusak Waktu Tidur Malam Hari

 

 
beritanewsindo.blogspot.com
5 Bahaya Penggunaan Smartphone

Malam pun ketika anda tidur smartphone tak boleh jauh dari tempat anda tidur, pastinya kebiasaan sebelum tidur mengecek informasi  update terbaru dari berbagai jejaring sosial, email yang mungkin belum dibaca atau hanya sekedar mainan. Hal tersebut dapat menjadikan seseorang akan keasyikan  bermain smartphone dengan asyik hingga larut malam. Solusinya, jika anda hendak tidur maka letakkanlah smartphone jauh dari jangkauan tangan atau letakkan jauh dari anda tidur. 

Itulah tadi ulasan tentang 5 Bahaya Penggunaan Smartphone, intinya anda harus mengurangi penggunaan smartphone secara berlebihan agar terhindar dari beberapa bahaya tersebut. Baca juga artikel mengenai Cara Sehat Menggunakan Laptop
5 Bahaya Penggunaan Smartphone 5 Bahaya Penggunaan Smartphone Reviewed by Unknown on 21.12 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.