Kenapa Perjalanan Awal Lebih Lama dari Pulang?

Mungkin anda pernah bepergian ke suatu tempat tetapi perjalanan itu terasa sangat lama sekali. Pada saat perjalanan berangkat akan terasa sekali perjalanan itu sangatlah lama, tetapi jika perjalanan pulang terasa lebih cepat. Mengapa demikian? Sebenarnya waktu perjalanan tersebut tetaplah sama tidak ada yang lama ataupun cepat karena jaraknya pun sama baik perjalanan pergi dan pulang. Semua itu hanyalah persepsi manusianya sendiri.

Bagaimanakah hal tersebut bisa terjadi ?

Sebelum penjelasan tentang persepsi manusia diatas, disini akan memperkenalkan rubrik baru yaitu Metro Science. Rubrik ini menjelaskan tentang ilmu ilmiah yang cukup popular di kalangan masyarakat, terutama kalangan internet.

Otak manusia merupakan organ tubuh utama yang paling penting di dalam tubuh manusia, bahkan jika computer masa sekarang dibandingkan dengan otak manusia, sangat jelas teknologinya jauh berbeda. Hal tersebut juga berlaku pada saat kita bepergian ke suatu tempat. 


Perjalanan Awal Lebih Lama dari Pulang?


Pada waktu kita bepergian oragan terpenting di tubuh manusia yakni otak, ternyata tanpa disadari otak telah menyimpan memori. Indra manusia tanpa disadari terus memberikan informasi kepada otak  dari segala informasi yang diterima seta diteruskan dan disimpan ke alam bawah sadar sehingga manusia tidak menyadarinya.

Nah, pada waktu perjalanan pulang dengan jalan yang sama, otak manusia juga bekerja tapi beda dengan pada saat  berangkat. Pada saat perjalanan pulang otak  seakan memberitahu bahwa sudah pernah melewati tempat tersebut dan otak tidak lagi bekerja seperti berangkat yakni menyimpan semua informasi yang didapat dikarenakan sudah pernah melewati jalan tersebut. 

Itulah mengapa manusia seringkali berfikir saat perjalanan itu ketika berangkat perjalanan terasa sangat lama sedangkan perjalanan pulang begitu cepat dirasakan. Semua yang terjadi adalah mekanisme kerja otak.

Ternyata bukan perjalanannya yang lebih pendek ya, hmmm sungguh hebat bukan otak manusia itu? Kesimpulan dari artikel ini adalah ternyata otak kita selalu merekam informasi yang kita lihat secara tidak langsung dan alamiah. Jika ada pertanyaan atau tambahan lainnya atau pun hal-hal mengenai sains atau ilmiah, silahkan untuk berkimentar di kolom komentar dibawah� terima kasih!

Kenapa Perjalanan Awal Lebih Lama dari Pulang? Kenapa Perjalanan Awal Lebih Lama dari Pulang? Reviewed by Unknown on 22.15 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.