Bahaya tidur dekat telephone seluler

Ponsel pintar saat ini telah menjadi barang yang sangat berguna bagi manusia yang wajib selalu dibawa kemanapun beraktivitas bahkan saat tidur sekalipun ponsel selalu ada disamping kita. Keberadaan ponsel yang mudah kita temui dimana mana bahkan setiap orang sudah memilikinya bahkan anak-anak kecil sudah memiliki dan menentengnya kemana-mana.

Kebiasaan meletakkan ponsel dengan kondisi menyala di dekat kita saat tidur ternyata banyak menyimpan bahaya, karena ponsel mempunyai pancaran radiasi tinggi. Radiasi yang tak terlihat kasat mata menjadikan seseorang tak menyadarinya akan bahasa ponsel tersebut. Menurut, data WHO radiasi ponsel bersifat karsinogenik sehingga dapat mempengarui susunan saraf manusia dan bisa menyebabkan kanker atau tumor.

Cahaya dari ponsel  jika menyala akan mengganggu pelepasan melatonin dan mencegah tubuh membajar makanan dengan baik jadi cahaya ponsel sangat mengganggu aktivitas tubuh di saat kita tidur. Tidur merupakan waktu untuk mengisi energi, kalau tidak mampu mengisi energi maka hari-harinya tidak akan maksimal.  Selain itu, pengisian baterai  juga dapat mengganggu kondisi saat tidur dikarenakan panjang pendeknya gelombang yang dipancarkan sehingga dapat mengganggu metabolisme tubuh manusia.


Radiasi elektronik


Ada baiknya para pengguna ponsel bisa meminimalisir penggunaan ponsel ketika waktu tidur, sebaiknya dimatikan untuk menghindari bahaya-bahaya yang tidak diinginkan. Beberapa bahaya satt tidur dekat dengan ponsel yang menyala seperti:

Menyebabkan tumor otak

Pancaran radiasi ponsel dapat mempengaruhi pembentukan neoplasma dari regenerasi sel yang tak wajar.  Tumor otak sering menyerang orang dewasa pada usia produktif, namun tak sedikit ditemukan tumor pada masa anak-anak. Jadi, disarankan agar tidak terlalu sering menggunakan ponsel,  terlebih lagi dekat dengan ponsel menyala saat tidur.

Menyebabkan kanker

Mirip dengan tumor otak, pancaran radiasi ponsel dapat mempengaruhi proses pembelahan sel yang ada dalam tubuh manusia menjadi tak terkendali., sel abnormal dapat menyerang jaringan terdekat yang rutin bersentuhan secara langsung dengan ponsel seperti telinga atau kulit. Akan tetapi bagian tubuh seperti perut juga bisa kena pancaran sinar radiasi karena umumnya waktu baring suka meletakkan ponsel diatas perut bahkan tanpa disengaja menindinya,  sehingga hal tersebut  bisa memicu kanker.

Meledak

Saat ini banyak media massa seperti televisi, surat kabar, bahkan posting internet sering memberitakan kasul ponsel terbakar atau meledak dan melukai sang pemiliknya ketika tidur. Hal tesebut terjadi dikarenakan si pemilik ponsel  mengisi baterai dan ponsel didekatkan dengan posisi kita tidur ketika baterai sudah penuh terisi daya si pemilik otomatis lupa untuk mencabutnya. Keadaan ponsel yang terisi penuh dan masih tersambung dengan charger akan menjadi panas jika terjadi konsleting dapat membuat ponsel tersebut meledak. Hal tersebut menyebabkan si pemiliknya yang tidur dekat dengan ponsel tersebut ikut kena ledakan hingga terbakar.

Mengakibatkan sakit kepala

Pancaran radiasi ponsel menyala bagi orang yang sensitif  terhadap pancaran gelombang RF dapat mengakibatkan sakit kepala, mual, pusing sampai muntah-muntah. Sehingga disarankan untuk mengurangi pemakaian ponsel jika tidak diperlukan mengingat kesehatan lebih penting dari apapun itu.

Melihat banyaknya akibat negatif tidur dekat dengan ponsel yang menyala, maka memulailah untuk mengindarinya dari sekarang  jika memang anda ingin menjaga kesehatan tubuh anda. Semua keputusan ada pada individu masing-masing apakah mau sehat dengan tidur yang nyenyak dan berkualitas atau tidur dekat dengan ponsel yang sudah jelas memberikan dampak yang tidak baik bagi kesehatan. Semua tergantung pilihan anda masing-masing, semoga bermanfaat.
Bahaya tidur dekat telephone seluler Bahaya tidur dekat telephone seluler Reviewed by Unknown on 06.34 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.