5 Tempat Wisata Terpopuler Akhir Tahun di Jawa Tengah

Jawa tengah sangat terkenal memiliki banyak tempat wisata menarik dan populer sehingga layak  dikunjungi  khususnya di hari libur akhir tahun tahun baru atau pun hari lainnya. Jika anda mempunyai rencana liburan ada beberapa tempat yang bisa jadi alternatif tujuan anda untuk berlibur. 

Jika anda belum mempunyai rencana dimana akan berlibur yang seru dan asyik, disini ada referensi tempat tujuan wisata yang bisa dikunjungi untuk menghabiskan masa liburan akhir tahun bersama keluarga, teman. Dapat kita ketahui bahwa Jawa Tengah sangat terkenal dengan masyarakatnya yang ramah-ramah lembut, juga memiliki banyak kawasan wisata yang menarik dan wajib untuk dikunjungi.

Jawa Tengah bisa menjadi alternatif pilihan tujuan wisata anda. Ada 5 tempat yang seru, menarik yang bisa dikunjungi untuk menghabiskan liburan akhir tahun ini ataupun liburan yang lainnya, tempat-tempat tersebut diantaranya:

Dieng Plateu di Wonosobo

Tujuan wisata pertama yang bisa dikunjungi adalah Dieng Plateu. Dieng plateu yang terletak pada ketinggian 2.000 mdpl, dengan suhu udara mencapai 10-20 derajat celcius bahkan bisa mencapai minus 10 derajat celcius pada bulan juli dan agustus. Selama ini  pantai dan laut yang sering menjadi alternatif liburan mungkin sudah jenuh dan bosan, Dieng Plateu bisa jadi tempat untuk dikunjungi.


telaga warna dieng



Terdapat  tempat-tempat wisata yang  indah yang bisa dikunjungi di kawasan Dieng Plateu. Salah satu tempat tersebut adalah Kawah Sikidang.  Kawah ini sangatlah unik dikarenakan fenomena alam yang terjadi, letaknya pun bisa berpindah-pindah.  Bisa juga mengunjungi Telaga Warna yang mampu  memantulkan warna warna seperti warna hijau, biru, serta ungu. Waktu  yang tepat untuk berkunjung ke tempat ini adalah diwaktu matahari terbit. Anda dapat melihat fenomena alam sangat-sangatlah indah nan mempesona dari puncak Gunung Sikunir. Eksotieme alam nan indah serta ditambah lagi kabut yang selalu menemani membuat mata tak mau terpejam melihat pesona alam Dieng Plateu.
 
Umbul Sidomukti Semarang

Umbul Sidomukti yang berada dikawasan Semarang Jawa Tengah cocok untuk dikunjungi di waktu liburan bersama keluarga tercinta. Kawasan wisata ini memiliki fasilitas cukup lengkap. Banyak fasilitas seru yang disuguhkan dikawasan ini diantaranya outbond training, taman renang alam, permainan pemicu adrenalin, camping ground serta vila vila nan nyaman.


umbul sidomukti



Kolam renang alam yang sangat menarik karena lokasinya yang cukup tinggi, yaitu di ketinggian 1.200 mdpl. Kolam renang alam ini salah satu tempat paling ramai dikunjungi. Selain itu, faasilitas seru yang ditawarkan disekitar kolam juga sangat indah  nan mempesona. Jika tidak bisa berenang atau pun tidak ingin berenang, bisa juga mencoba olahraga yang bisa memicu adrenalin seperti flying fox bisa menjadi pilihan. Anda yang datang jauh dari luar kota semarang, bingung mau menginap dimana? Tenang, tempat wisata ini menyediakan tempat penginapan atau villa. Jadi tidak usah khawatir akan tempat penginapan saat berkunjung ke tempat wisata Umbul Sidomukti ini.
 
Museum  Kereta Api di Ambarawa

Tempat lain yang asyik untuk dikunjungi adalah Museum Kereta Api Ambarawa yang berada di jl.Stasiun Ambarawa No.1, Ambarawa. Pada mulanya museum ini adalah salah satu stasiun kereta api yang terkenal, bukan museum. Di dalam museum ini kita dapat melihat beberapa kereta api uap buatan Maschinenfabriek Esslinge dengan nomor lokomotif B 2502 dab B 2503. Kereta api uang ini terbilang unik karena memiliki gerigi. Fungsi dari gerigi yang ada dibawah kereta ini adalah sebagai pencengkram, antara kereta dengan rel. Hebatnya lagi yang masih memiliki kereta api bergerigi seperti itu hanya tiga negara saja yaitu Indonesia, Swiss dan India.


museum kereta api ambarawa



Di museum kereta api ini, pengunjung juga dapat mencoba naik menikmati kereta api yang bergerigi tersebut. Ada beberapa tarif yang dikenakan jika ingin ikut naik kereta dan menikmati pesona alam nan indah. Tarif yang dikenakan diantaranya untuk tarif reguler pergi pulang Rp 50.000 setiap orang. 


museum kereta api ambarawa
Tetapi, jika pengunjung ingin cepat menikmati perjalanan naik kereta tersebut tanpa menunggu perjalanan yang reguler, pengunjung dapat menyewa kereta tersebut secara khusus dengan tarif yang ditawarkan mulai dari Rp 3.250.000 sampai Rp 5.000.000. Sepanjang perjalanan anda akan disuguhi indahnya panorama alam nan indah berupa Gunung Unggaran dan Gunung Merbabu yang menjulang sangat tinggiserta dibagian bawahnya disuguhi pemandangan dengan hamparan luas Rawa Pening.
 
Desa Wisata Candirejo Magelang

Obyek wisata dengan khas pedesaan dengan suasana alam yang masih ndeso alami pedesaan, nah obyek wisata Desa Wisata Candirejo bisa di coba untuk dikunjungi. Di obyek wisata ini, para pengunjung diajak untuk belajar serta mempelajari kehidupan tradisional pedesaan dengan menginap secra langsung di rumah-rumah warga tidak menginap di hotel atau pun vila.


desa wisata candirejo magelang


Setiap pengunjung atau wisatawan yang datang, baik lokal maupun mancanegara dapat menginap di pondokan yang sudah di sediakan oleh pengelola. Salah satu hal yang tidak boleh terlewatkan di desa wisata ini adalah berkeliling desa serta dapat berinteraksi langsung dengan penduduk sekitar. Saat berkeliling di desa wisata ini, wisatawan akan disuguhi banyak tradisi serta budaya masyarakatnya  yang sangat unik dari desa setempat seperti kesenian, sistem pertanian tradisional, serta kerajinan rakyat yang khas. Eeehmm, tidak boleh lupa ada kerajinan bambu penduduk Candirejo yang cocok buat oleh-oleh.
 
Lawang Sewu  Semarang

Alternatif ke lima tujuan tempat wisata yang bisa anda kunjungi adalah Lawang Sewu. Lawang Sewu telah menjadi ikon kota Semarang. Bangunan tersebut bekas peninggalan kolonial Belanda nan indah sampai sekarang masih tetap berdiri kokoh dan terjaga keasliannya. Arsitektur serta keindahannya menjadikan bangunan ini sebagai tempat wisata favorit di daerah Semarang.

Lawang Sewu diadopsi dari bahasa Jawa yang berarti seribu pintu. Sebutan nama tersebut muncul karena banyaknya jumlah pintu dan jendela yang berukuran besar sehingga masyarakat menyebutnya Lawang Sewu. Lawang Sewu terlihat sangat gagah karena keindahan yang ditunjukkan dari banyaknya pintu dan jendela. Tarif tiket masuk yang ditawarkan sebesar Rp 10.000. Sambutan pemandangan kaca patri yang sangat besar terlihat ketika mulai memasuki Lawang Sewu. Lawang Sewu terdiri dari dua menara dan dua tingkat lantai. Fungsi dari menara tersebut yaitu sebagai tempat penampungan air yang akan di alirkan ke ruang bawah tanah. 


lawang sewu semarang


Di dalam ruang bawah tanah ini ada kisah tersendiri, pada jaman dahulu tempat tersebut dijadikan penjara tahanan Belanda. Para pemandu lokal juga menawarkan untuk wisata mengitari di ruangan bawah tanah yang bisa membuat tubuh merinding. Jangan sekali kali mencoba masuk ke ruang bawah tanah jika tidak punya nyali ekstr, tapi perlu dicoba buat yang merasa penasaran dan ingin mencoba uji nyali super ekstrim di tempat wisata Lawang Sewu.
5 Tempat Wisata Terpopuler Akhir Tahun di Jawa Tengah 5 Tempat  Wisata Terpopuler Akhir Tahun di Jawa Tengah Reviewed by Unknown on 02.46 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.