10 Makanan Khas Indonesia Terpopuler di Luar Negeri

Masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan berbagai macam makanan khas asli Indonesia yang merakyat sering dijumpai diberbagai tempat kuliner serta tak pernah bosan untuk makan dan menikmatinya. Tahukah, ternyata banyak makanan khas Indonesia yang terkenal di Luar negeri  loh!. Berikut 10 makanan rakyat yangsangat  populer di luar negeri.

Nasi Uduk


nasi uduk


Nasi merupakan makanan pokok di Indonesia.Nasi uduk merupakan nasi yang memiliki aroma serta rasa yang khas. Nasi uduk yang berasal dari Jakarta ini memiliki rasa yang gurih dan sangat digemari oleh banyak orang.  Cara serta proses memasaknya yaitu dengan menggunakan santan kelapa dan kemudian dikukus membuat cita rasa nasi yang gurih. Makanan ini biasanya dihidangkan dengan berbagai makanan pokok seperti, tahu, tempe, ayam, tahu bakar/goreng, telur dadar yang diiris-iris seta dilengkapi dengan sambal cabe ijo atau cabe merah dan tak lupa dikasih taburan bawang goreng.

Rendang



rendang

Rendang merupakan makanan khas asli Indonesia yang berasal dari daerah padang Sumatera Barat. Makanan ini sangat dikenal oleh turis mancanegara, bahkan telah menjadi makanan terenak nomor  1 di Dunia dalam beberapa halaman situs terpopuler. Rendang terbuat dari daging sapi, akan tetapi bisa juga menggunakan daging lain seperti, daging kambing, daging ayam. Cara pembuatan makanan ini tergolong sulit karena proses pembuatannya sangat membutuhkan waktu yang cukup lama yakni daging itu harus dimasak sampai kering hingga semua  bumbunya bisa meresap ke dalam daging dan membuat daging rendang yang lembut. Bumbu yang meresap sempurna serta kelembutan tekstur daging inilah yang dapat membuat rasa enak pada makanan yang namanya rendang tersebut.

Bakso

bakso

Asal usul  makanan bakso ini awal mulanya berasal dari para pedagang Cina, saat itu makanan ini tidak begitu popular dikarenakan bahan pokoknya yang tidak halal karena berasal dari daging babi. Akhirnya suatu saat terjalinnya interaksi antara pedagang Cina dengan pedagang Indonesia sehingga dirubahlah bahan dasar pembuat bakso tersebut. Bahan dasar pembuat bakso yang semula berupa daging babi dirubahlah menjadi daging daging sapi atau daging ayam.Setelah adanya perubahan itu akhirnya bakso bisa dinikmati masyarakat pada saat itu. Pada saat Presiden Amerika Serikat  Barrack Obama berkunjung ke Indonesia dan mengatakan bahwa beliau mengingat bahwa bakso telah menjadi  makanan favoritnya ketika dulu tinggal di Indonesia beberapa saat pada waktu kecil. Nah, mulai saat itu bakso mulai popular di Indonesia sampai  ke Luar Negeri.

Sate

sate

Sate merupakan makanan yang ditusuk menggunakan tusukan yang terbuat dari kayu/bambu. Sate ternyata makanan khas asli indonesia yang diminati oleh wisatawan atau orang-orang luar negri yang datang ke Indonesia. Bahan pokok pembuatan sate adalah daging seperti daging kambing, kelinci, ayam dan lain-lain. Sate biasanya di sediakan di restoran, rumah makan, ataupun jajanan pedagang yang bertuliskan sate ayam/sate kambing sampai pedagang sate dengan menjajakan dagangannya dengan gerobak keliling. Sate dihidangkan dengan bumbu pelengkap yaitu saos sate yang biasanya terbuat dari kacang daan saus bumbu kecap dengan campuranirisan  bawang merah mentah, cabe hijau/merah serta irisan tomat dan ditambah taburan bawang goreng yang semakin menambah rasa yang khas dan lezat.

Nasi Goreng

Nasi goreng



Mendengar nama nasi goreng tentunya sudah tidak asing lagi, makanan yang satu ini mudah di dapat atau sering kita jumpai  diberbagai tempat kuliner  di Indonesia. Hidangan ini dapat ditemui di berbagai restoran  hingga pedagang kaki lima yang ada di Indonesia.  Makanan ini memiliki bahan dasar utama adalah nasi, nasi goreng yang berasal dari asia terkenal dengan rasa manis yang berasal dari saus kecap manis. Cara pembuatannya yaitu dengan menumis bumbu, campurkan telur serta campurkan nasi yang kemudian tumis pada suhu tinggi, dapat juga ditambahkan bahan-bahan makanan  lainnya seperti daging sapi/ayam, sayuran, sosis, serta udang.  Bisa juga ditambahkan pelengkap hidangan itu dengan telur ceplok/dadar, udang, sosis, kerupuk, irisan tomat, irisan mentimun serta taburan bawang goreng diatasnya untuk menambah kenikmatan hidangan tersebut.

Soto

soto


Makanan tradisional khas indonesia lainnya yaitu sup dengan kuah bening atau kental  ini ternyata sudah menjadi santapan favorit para turis luar negeri di siang hari. Soto terbuat dari kuah kari yang kental berupa campuran santan,tetapi ada pula soto dengan kuah bening tanpa campuran santan. Kuah tersebut di isi dengan campuran daging ayam/sapi, mie, telur rebus, tomat, krupuk, kubis, serta taburan bawang goreng. Variasi macam dari soto khas indonesia ini sendiri bermacm-macam seperti soto lamongan yang berasal dari lamongan jawa timur, soto kudus berasal dari jawa tengah, coto makasar berasal dari sulawesi atau soto betawi dari jakarta.

Pempek



Makanan pempek  saat ini yang dikenal dengan makanan khas palembang ini ternyata dulunya juga berasal dari pedagang  cina yang berkelana ke palembang. Pempek berasal dari  sebutan untuk lelaki tua yang berasal  cina  (apek), saat itu lelaki tua dari cina itu tinggal ditepian sungai. Di tepian sungai itu sangat melimpah hasil ikannya,sehingga masyarakat disitu selalu menyajikan makanan ikan itu hanya dengan digoreng, dipindang ataupun dibakar. Akhirnya suatu saat lelaki tua itu mencari alternatif lain bagaimana cara agar ikan tersebut dapat diolah dan disajikan dengan berbeda. Akhirnya dengan bahan ikan itu ia mencampurkan tepung tapioka dengan daging giling sehingga terciptalah makanan dengan sebutan pempek.

Pempek memiliki berbagai varian macam bentuk besar, kecil, bulat, lonjong dan ada juga yang disebut denga pempek kapal selam dengan ukuran besar dengan isi telur didalamnya yang biasanya digoreng/dikukus dan disajikan dengan kuah berupa campuran cuka.

Ketoprak dan gado-gado


ketoprak

Ketoprak dan gado-gado merupakan makanan tradisional Indonesia yang sering disebut sebagai salad yang berasal dari Indonesia. Mengapa disebut salad? Karena bahan untuk membuat  ketoprak  terdiri dari campuran tahu, bihun, timun,nasi atau lontong sertatoge, sedangkan  gado-gado ini dibuaat dari campuran sayuran seperti kol, bayam, kangkung, toge, kacang kemudian ditambahkan lontong atau ketupat.  Terakhir sebagai pelengkap hidangan di kasih saus kacang ditambahkan dengan kerupuk.

Siomay


siomay

Siomay konon ceritanya berasal dari Mongolia, Cina.  Makanan ini dikenal dengan sebutan dimsum versinya Indonesia. Cara penyajian dari siomay atau dimsumnya Indonesia ini berbahan dasar ikan. Cara pembuatannya yaitu ikan dengan campuran sagu atau tapioka, bahkan bisa juga menggunakan daging  lainnya pada siomay seperti udang, kepiting, ikan dll. Siomay biasa disajikan dengan makanan pelengkap seperti tahu goreng/kukus, kubis kukus, telur rebus, kentang kukus dan pare kemudian disajikan dengan saus kental yang terbuat dari campuran kacang dengan kecap dan sambal. Bumbu kacang yang khas inilah yang menjadikan siomay merupakan salah satu makan khas Indonesia yang populer di Luar Negeri.

Martabak

martabak

Makanan asal Indonesia terakhir ini yakni martabak, dikenal oleh para wisatawan luar negeri sebagai pancake (adonan) asal  Indonesia dan biasa disajikan sebagai hidangan penutup. Jenis martabak ada 2 yaitu martabak telur dan martabak manis, martabak telur  terbuat dari adonat padat yang dilebarkan sampai sangat tipis, kemudian di goreng di sebuah panci besar di isi dengan campuran telur bebek/ayam, daging sapi/ayam, bawang, irisan daun bawang serta bumbu pelengkap lainnya dan dihidangkan dengan saus asam cuka dan asinan timun. Berbeda dengan martabak manis sebagai bahan utamanya adonan cair yang kemudian dioleskan pada panci, seperti penyajian pancake diisi dengan meisis, susu, coklat, keju serta kacang.

Inilah macam-macam jenis kuliner khas  berasal dari Indonesia  yang terkenal di dunia dan sangat merakyat dari masyarakat menengah kebawah sampai yang menengah ke atas. Apakah, anda sudah pernah mencobanya? Nikmati dan cintai makanan khas asli Indonesia.
10 Makanan Khas Indonesia Terpopuler di Luar Negeri 10 Makanan Khas Indonesia Terpopuler di Luar Negeri Reviewed by Unknown on 06.36 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.