Air terjun nan eksotik di Indonesia

Alam seisinya tentunya banyak menyuguhkan keindahan-keindahan alami yang super menakjubkan khususnya di negara Indonesia. Salah satunya adalah air terjun. Air terjun merupakan keindahan alam yang begitu indah yang terbentuk secara alamiah. Banyak kita jumpai pemandangan air terjun yang indah di berbagai tempat di Indonesia.

Indonesia terkenal dengan banyaknya pulau-pulau yang tersebar dan memiliki keistimewaan keindahan sendiri-sendiri. Begitu pula indonesia juga banyak terdapat beberapa air terjun yang sungguh menakjubkan.

Air terjun yang indah bisa menjadi salah satu alternatif pilihan wisata. Ada beberapa pesina keindahan air tejun di Indonesia diantaranya sebagai berikut:

Air Terjun nan eksotik 1 : Madakaripura  Jawa Timur


air terjun madakaripura


Air  terjun Madakaripura ini merupakan air terjun yang berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Terletak di desa Sapeh, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Air terjun ini adalah air terjun tertinggi di Pulau Jawa serta air terjun tertinggi kedua di Indonesia.

Ketinggian air terjun ini sekitar 200 meter dan berbentuk ceruk yang dikelilingi tebing-tebing yang menjulang sangat tinggi. Di seluruh tebingnya meneteskan air yang berbentuk tirai layaknya sedang hujan. Terdapat sekitar 5 titik terjunan air yang membentuk air terjun sangat indah dengan air terjun utama berada di ujung sebuah ruangan yang berbentuk lingkaran dengan diameter kurang lebih 25 meter. Terdapat 3 diantaranya terjunan air mengucur sangat deras dan membentuk air terjun lagi.

Selain air terjun utama, terdapat goa yang cukup mempesona. Lintasan untuk mencapainya cukup sulit karena harus melewati kolam air yang luasnya sekitar 25m2 yang berada tepat di bawah terjuna air tersebut. Kolam air tersebut memiliki arus yang cukup deras dengan kedalaman sekitar 7 meter.

Air Terjun nan Eksotik 2 : Mursala  Tapanuli



air terjun mursala


 

Air terjun ini terletak di Mursala diantara pulau sumatra dan pulau Nias, tepatnya di Kecamatan Tapian Nauli Tapanuli Tengah.  Air terjun ini sangat terkenal  dan menjadi salah satu tempat wisata yang ada di Mursala. Air terjun ini mempunyai ketinggian 35 meter diats permukaan laut.

Air terjun ini cukup unik tak seperti air terjun yang lainnya yang air terjunnya jatuh ke kolam  tetapi terjunan airnya jatuh langsung ke laut yang luas. Terjunan air ini berasal dari bukit dengan posisi miring sekitar 180 derajat sehingga terjunan air ini terlihat sangat indah. Uniknya air terjun ini mengalir pada batuan granit yang kemerah-merahan di tebing tersebut.

Air Terjun nan eksotik 3 : Gitgit Buleleng Bali



air terjun gitgit buleleng

Bali sangat terkenal dengan wisata pantai sampai ke seluruh dunia. Akan tetapi juga menyimpan tempat-tempat wisata yang tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai yang ada di Bali. Salah satunya adalah air terjun yang sangat fantastik yaitu air terjun Gitgit.  Air terjun Gitgit  terletak di Desa Gunung Luwih Gitgit, Sukasada, Buleleng, Bali. Ketinggian air terjun ini sekitar 35 meter. 

Dilokasi air terjun Gitgit ini Terdapat 3 air yang mengalir, atas sendiri merupakan air terjun kembar dengan dua air terjun yang saling berhubungan. Dibawahnya terdapat air terjun dan terakhir paling bawah juga terdapat air terjun. 

Air Terjun nan eksotik 4 :Dua Warna sibolangit Sumatera Utara



Dua warna sibolangit

Alam selalu menawarkan tempat-tempat yang sangat luar biasa indahnya dan bisa menjadi tujuan wisata yang menyenangkan. Air terjun Dua Warna terletak di Kecamatan Sibolangit, Sumatera Utara.Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 1270 metr mdpl.

Air terjun ini memiliki dua warna yang berbeda yaitu putih kelabu dan biru muda. Air berwarna putih kelabu tertampung dari pancuran yang ada dibawah, sedangkan wara biru muda yaitu air yang tumpah dari atas. Pancuran air yang berwarna biru muda  menjadikan suhu udara menjadi dingin serta pancuran air yang berwarna putih kelabu suhu udaranya menjadi hangat. Adanya perbedaan warna ini dikarenakan oleh airnya yang mengandung fosfor dan belerang. Sehingga saat berwisata ke air terjun tersebut dilarang untuk meminum airnya.

Air Terjun nan eksotik 5 : Moramo Sulawesi Tenggara


air terjun moramo

Air terjun terakhir adalah air terjun Moramo berada dikawasan Hutan Suaka Alam Tanjung Peropa  yang terletak di Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara. Air terjun ini menjadi salah satu air terjun yang unik yang mempunyai beberapa tingakatan dengan ketinggian 100 meter. 

Aliran air nya mengalir melewati 7 tingkatan utama dengan dataran-dataran menyerupai terasiring dan juga mengalir melewati 60 tingkatan kecil sebagai tempat penampungan air. Di kawasan air terjun ini hanya ada satu kolam yang bisa dimanfaatkan untuk berenang, yaitu kolam utama yang terletak di tingkatan yang ke dua dari tujuh tingkatan yang ada.

Beberapa wisata alam air terjun yang ada di Indonesia bisa menjadi alternatif pilihan tujuan wisata yang menyenangkan. Kenapa harus pergi melancong ke luar negeri kalo sebetulnya banyak sekali tempat tempat nan eksotis di Indonesia ini. Mari dukung visit Indonesia
Air terjun nan eksotik di Indonesia Air terjun nan eksotik di Indonesia Reviewed by Unknown on 04.21 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.